Mentan SYL Hilang, Sebenarnya Ada di Mana?

JABAR EKSPRES – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) belum ada kabar bahwa dirinya telah kembali ke Indonesia. Setelah melakukan kunjungan kerja ke Spanyol dan Italia, SYL dinyatakan ‘hilang kontak’ saat akan kembali ke Indonesia bersama dengan pejabat-pejabat lainnya.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim mengungkapkan pihaknya belum menerima perintah untuk melakukan pencegahan atau penangkalan terhadap Mentan SYL. Dia juga menyebutkan bahwa belum ada tanda-tanda Menteri Pertanian tersebut telah masuk ke Indonesia.

“Hingga saat ini Menteri Pertanian belum masuk ke Indonesia,” ucap Silmy Karim di Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2023, dikutip dari ANTARA.

BACA JUGA: Terjerat Kasus Dugaan Korupsi di Kementan, Mentan SYL ‘Hilang’ saat Kunjungan ke Spanyol dan Italia

Mentan SYL sendiri meninggalkan Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada tanggal 24 September 2023 lalu ke Doha, Qatar, dalam rangka transit sebelum menuju Roma, Italia. Dia dijadwalkan tiba kembali ke Indonesia pada tanggal 1 Oktober 2023, namun hingga saat ini belum terdengar kabar mengenai keberadaan sang Menteri tersebut.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa kabar ‘hilangnya’ Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu tidak akan mengganggu proses penyidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

“Kami ingin tegaskan, seluruh kerja-kerja penyidikan perkara ini kami pastikan terus. Kami selesaikan,” papar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi telah mengonfirmasi bahwa dirinya terakhir kontak dengan Mentan SYL saat kunjungan ke Spanyol dan Italia. Setelahnya, terpisah saat bersama pejabat eselon Kementan lainnya saat akan berangkat kembali ke Indonesia.

Harvick juga menegaskan bahwa hilangnya Mentan SYL bukan karena akan kabur dari kasus dugaan korupsi di Kementan.

BACA JUGA: Dilaporkan Hilang di Luar Negeri, Syahrul Yasin Limpo Seketika Jadi Teka-Teki di Tengah Penyidikan KPK

“Wah, InsyaAllah sih enggak ya. Mudah-mudahan, kita doakan bersama-sama agar bisa selesai,” tegasnya.

Jokowi Tunjuk Harvick Sebagai Mentan Ad Interim

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh pihak terlibat untuk menunggu kedatangan Mentan SYL kembali ke Tanah Air.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan