Masyarakat Sumedang Diimbau Hemat Air Bersih dan Waspada Kebakaran

JABAR EKSPRES – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengimbau masyarakat agar bersikap waspada bencana kebakaran serta bijak dalam menggunakan air bersih, Senin 2 Oktober 2023.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dampak dari badai El Nino akan masih terus dirasakan hingga akhir tahun mendatang. Suhu panas yang masih akan terus memuncak pada bulan Oktober membuat permukaan bumi khususnya Sumedang, menjadi mudah terbakar.

“Semua itu diprediksikan, tidak hanya berlangsung bulan ini saja. Bahkan bisa terjadi sepanjang bulan september hingga Desember. Maka itu, saya minta masyarakat agar waspada kebakaran,” kata Atang kepada Jabar Ekspres.

Seperti yang diketahui, tambah Atang, di Jawa Barat ini sering terjadi kebakaran, baik itu lahan, kebun, hutan bahkan bangunan-bangunan rumah.

BACA JUGA: 12 Wilayah di Kabupaten Sumedang Rawan Air Bersih

“Melihat fenomena itu, kita harus memiliki sikap waspada dan tak hanya menyerahkan permasalahan ini pada pemerintah, BPBD atau Damkar. Tapi kita harus sama-sama menjaga dan waspada serta bahu membahu dalam penanganan kejadianya,” ujarnya.

Selain itu, Atang mengimbau agar masyarakat bisa lebih bijak dalam penggunaan air bersih.

“Untuk masyarakat di wilayah yang kekeringan air, kami telah mendata laporan dan segera, bahkan sudah dan sedang melakukan distribusi air bersih ke beberapa titik bersama PDAM,” tuturnya.

Melalui rapat koordinasi yang dilakukanya di tingkat provinsi, hal ini terjadi tidak hanya di Kabupaten Sumedang, namun juga di wilayah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

“Demikian, tidak perlu menjadi sebuah kepanikan yang berlebih, namun sikap waspada dan bijak itu dapat sedikit banyaknya membantu kelangsungan semua pihak termasuk masyarakatnya sendiri dalam melalui masa-masa kemarau berkepanjangan ini,” jelasnya. (Mg11)

BACA JUGA: Kekeringan Tidak Pengaruhi Hasil Perikanan di Sumedang

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan