BPJS Kesehatan Launching Transformasi Mutu Layanan Cepat Mudan dan Setara Bagi Peserta JKN

JABAR EKSPRES – Tahun 2023 ini, BPJS Kesehatan mencanangkan Transformasi Mutu Layanan yang bertujuan memberikan pelayanan dengan kualitas lebih baik yang mudah diakses, cepat pelayanannya, dan setara untuk setiap peserta JKN.

Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar, usai mengikuti Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan Tahun 2023 secara online, Senin (2/10).

Menurut Cecep, pelayanan dengan konsep cepat, mudah dan setara perlu dirasakan oleh semua peserta JKN. Dia menjelaskan, makna dari cepat adalah setiap pasien akan mendapat layanan cepat disetiap faskes tanpa menunggu antrean yang lama.

Sementara mudah adalah setiap pasien peserta JKN tidak lagi perlu membawa dokumen administrasi saat berobat karena semua sudah dilakukan secara digital.

”Kesetaraan artinya tidak ada lagi pembeda antara pasien peserta BPJS dengan pasien umum,” bebernya.

”Saya berharap sekarang tidak ada lagi faskes baik di Cimahi atau KBB yang membeda-bedakan pasien. Semua harus sama setara tanpa memandang bulu,” tambahnya.

Cecep pun meminta Dinas Kesehatan tetap mengarahkan dan membimbing semua fakes agar komitmen dalam memberikan mutu layanan. Terlebih, sebagai badan layanan publik. Baik di BPJS atau juga di institusi pemerintah secara umum.

”Karena kita ada satu kerangka legal yakni undang-undang pelayanan publik. Sekali lagi saya katakan, Dinkes lah yang menjadi mitra kami dalam mencapai kepuasan publik, baik di Cimahi atau pun di KBB,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dr. Mulyati mengaku bersyukur, selama ini dapat bekerja sama baik dengan BPJS Kesehatan. terlebih 4 fasilitas kesehatan (Faskes) di Cimahi mendapat apresiasi.

Alhamdulilaah hari ini faskes di Cimahi ada 4 yang diapresiasi oleh BPJS Kesehatan. Tentunya apresiasi ini akan menjadi tantangan bagi kita di dinkes agar faskes yang lain dapat mendapatkan hal yang sama,” katanya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, tetntunya Mulyati berharap semua Puskesmas yang ada di Cimahi bisa meningkatkan mutu layanannya seperti Puskesmas Melong Tengah.

”Kita harus tetap bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama-sama meningkatkan mutu layanan di Kota Cimahi,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan