Ketahui Fungsi Dari Penggunaan Lensa Anti Radiasi!

JABAR EKSPRES – Lensa anti radiasi merupakan jenis lensa khusus yang dirancang dengan fungsi  melindungi mata dari radiasi berbahaya, seperti radiasi ultraviolet (UV), radiasi sinar biru, dan radiasi lainnya.

Radiasi sendiri dapat berasal dari berbagai sumber, seperti sinar matahari, layar komputer, perangkat elektronik, dan peralatan medis seperti sinar-X.

Lensa anti radiasi umumnya digunakan oleh seseorang yang sering terpapar radiasi berbahaya atau yang ingin melindungi mata mereka dari efek buruk radiasi tersebut.

Lensa anti radiasi dapat berupa berbagai jenis, termasuk lensa kacamata, lensa kontak, dan lensa yang dapat diterapkan pada kacamata biasa.

BACA JUGA: Ketahui Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Kemungkinan Infeksi Hingga Kerusakan Kornea!

Berikut ini beberapa kegunaan dari penggunaan lensa anti radiasi, antara lain:

Fungsi Lensa Anti Radiasi

  • Perlindungan UV

Lensa ini dapat menyaring atau meminimalkan paparan sinar UV yang berbahaya dari matahari. Radiasi UV dapat merusak mata dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

BACA JUGA: 11 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Ketahui Hal Penting Ini!

  • Perlindungan dari Sinar Biru

Beberapa lensa anti radiasi juga difungsikan untuk mengurangi paparan sinar biru tinggi yang dipancarkan oleh layar komputer, ponsel, tablet, dan perangkat elektronik lainnya.

Paparan berlebihan terhadap sinar biru dapat mengganggu ritme sirkadian dan kualitas tidur, serta berpotensi merusak mata.

  • Pengurangan Pantulan

Lensa ini dapat membantu mengurangi pantulan sinar yang mengganggu, seperti pantulan dari permukaan air atau jalan raya basah, sehingga memungkinkan pengguna melihat dengan lebih jelas dan nyaman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan