Kaesang Jadi Ketum PSI, Politik Dua Kaki Presiden Jokowi?

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep resmi menjadi Ketua Umum PSI Periode 2023 – 2028. Pengamat Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan turut berkomentar terkait langkah yang diambil putra bungsu Presiden itu.

Menurutnya, langkah itu bisa dinilai sebagai politik dua kaki yang dilakukan dari Presiden Jokowi. Firman menguraikan, normalnya langkah politik yang diambil Kaesang adalah sama dengan beberapa kedua kakaknya. Yakni sang kakak Gibran atau kakak ipar Bobby Nasution yang berseragam PDIP. Sama dengan posisi Jokowi sebagai kader partai PDIP.

Tapi nyatanya, langkah yang diambil suami Erina Gudono itu berbeda dan cenderung cukup ekstrem.

“Jadi bisa saja (anggapan politik dua kaki.red). Tidak salah orang berpikir demikian,” jelasnya kepada Jabar Ekspres, Rabu (27/9).

BACA JUGA: Pengedar Ganja Antar Pulau Ditangkap! Polres Cimahi Temukan Barbuk di Atas Tumpukan Ikan Asin

Firman melanjutkan, posisi PSI saat ini adalah partai non parlemen. Bisa jadi disiapkan sebagai salah satu sekoci untuk dinamika politik ke depan.

Dalam konteks pemilihan presiden (pilpres) 2024, saat ini arah dukungan Presiden Jokowi juga masih belum pasti.

“Normatifnya sebagai kader partai memang mengikuti keputusan PDIP, tapi saat ini terlihat seakan malah endorse Pak Prabowo,” sambungnya.

Firman menilai, langkah politik Kaesang bergabung dengan PSI tentunya juga tidak lepas dari peran sang ayah atau Presiden Jokowi.

“Pasti ada, tidak mungkin inisiatif pribadi,” tuturnya.

Ia menguraikan, pola umum dalam keluarga politik yang nantinya arah ke dinasti politik biasanya aktor tidak bergerak sendiri.

“Tentu ada skema dari sang Patron dalam hal ini Presiden Jokowi,” cetusnya.

Sebelumnya, Putra bungsu Presiden Jokowi itu resmi dikenalkan sebagai Ketum dalam Kopdarnas Deklarasi Politik PSI, Senin (25/9).

Surat pengangkatan Kaesang sebagai Ketum PSI dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie Louisa.

“Memutuskan Kaesang Pangarep sebagai Ketum PSI Periode 2023 – 2028,” kata Grace.

Sementara itu, Kaesang mengaku bahwa salah satu inspirasinya masuk ke politik adalah bapaknya sendiri yakni Presiden Jokowi.

“Ingin mengikuti jejak beliau. Politik untuk kebaikan,” ucap Kaesang dalam pidato pertamanya sebagai Ketum PSI.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan