Badan Terasa Pegal-Pegal, Ketahui Obat Alami Untuk Mengatasinya!

JABAR EKSPRES – Pegal-pegal adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang, dan ada beberapa obat alami yang dapat membantu meredakannya.

Namun, diingatkan bahwa jika pegal-pegal kamu berkepanjangan atau sangat parah disarankan untuk berkonsultasi ke dokter, karena ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Berikut ini perlu kamu ketahui beberapa cara alami yang bisa membantu meredakan rasa pegal kamu, antara lain:

  • Peregangan Tubuh

Melakukan peregangan tubuh secara teratur dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meredakan pegal-pegal. Cobalah melakukan peregangan pagi hari atau sebelum dan setelah beraktivitas fisik.

  • Minyak Esensial

Minyak esensial seperti minyak lavender, peppermint, atau eucalyptus dapat membantu mengurangi ketegangan otot. Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa, lalu gunakan untuk pijat atau mandi.

BACA JUGA: Ketahui 8 Obat Alami Yang Dapat Redakan Sariawan!

  • Panas dan Dingin

Terapi panas dan dingin dapat membantu meredakan pegal-pegal. kamu bisa menggunakan kompres panas atau dingin pada area yang terasa pegal. Mandi air hangat juga dapat membantu melemaskan otot.

  • Konsumsi Herbal

Beberapa herbal, seperti jahe, kunyit, dan kurkuma, merupakan obat alami memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan pegal-pegal.

  • Teh Herbal

Teh herbal seperti teh jahe atau teh chamomile dapat membantu meredakan ketegangan otot. Minum secangkir teh sebelum tidur dapat membantu kamu rileks.

  • Kompres Daun Kemuning

Daun kemuning mengandung senyawa yang dapat membantu meredakan pegal-pegal. kamu bisa menghancurkan daun kemuning segar dan mengoleskannya pada area yang terasa pegal, lalu membungkusnya dengan kain.

BACA JUGA: Mudah Ditemukan, Ini Obat Alami Sakit Tenggorokan!

  • Mandi Air Garam Epsom

Mandi dengan air garam Epsom dapat menjadi obat alami dalam membantu meredakan otot yang tegang dan pegal. Tambahkan beberapa cangkir garam Epsom ke dalam air mandi hangat dan rendam selama 20-30 menit.

  • Olahraga Ringan

Berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah pegal-pegal. Cobalah olahraga ringan seperti yoga atau berjalan kaki.

  • Perhatian pada Postur Tubuh

Pastikan kamu duduk dan berdiri dengan postur tubuh yang benar untuk menghindari ketegangan otot yang berlebihan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan