Jelang Perhelatan, AMI Awards 2023 Tambah 6 Kategori Baru dalam Daftar Nominasi

JABAR EKSPRES – Ajang penghargaan musik paling bergengsi di Indonesia, Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023, menambah enam kategori musik baru, dua di antaranya adalah genre koplo dan orkestra.

Presiden Yayasan AMI Candra Darusman mengatakan penambahan kategori ini didasari oleh perkembangan industri musik Indonesia, yang juga bertepatan dengan tema AMI Awards edisi ke-26. AMI Award “Merayakan Perbedaan”.

“Tentu saja, karena ada banyak genre musik yang berbeda, maka genre musik yang diapresiasi akan semakin banyak dan semakin diterima,” katanya dikutip dari Antara, Jumat (22/9/23).

BACA JUGA : AMI Awards 2023 Siap Digelar di Jiexpo November Mendatang, Ini Deretan Nominasinya!

Keenam kategori baru tersebut adalah “Solo/Grup/Kolaborasi Pria/Wanita Terbaik”, “Solo/Grup/Kolaborasi Pria/Wanita Melayu Terbaik”, “Ansambel Terbaik”, “Album Soundtrack Terbaik”, “Album Musik “, dan “Album Alternatif Terbaik”.

Dalam kesempatan ini, Syahrani, kelompok yang mengklasifikasikan AMI Awards, mengatakan bahwa penambahan kategori baru ini sebenarnya sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Namun, jumlah musisi yang memproduksi genre ini belum mencapai target alokasi.

BACA JUGA : Demi Mendalami Karakter, Mawar de Jongh Rela Lakukan Riasan Prostekti untuk Pertama Kalinya

“Selama bertahun-tahun, kami sudah mengusulkan kategori-kategori ini tapi kuotanya belum banyak, tapi sekarang sudah semakin banyak, itu tandanya perkembangannya juga membaik. Saya berharap tahun depan bisa lebih banyak lagi,” kata Candra.

AMI Awards 2023 akan diselenggarakan secara offline untuk pertama kalinya di Jakarta International Expo (Jiexpo) Kemayoran, Jakarta pada 8 November mendatang.

Sebanyak 4.858 lagu tercatat pada tahun ini, baik single maupun album yang dirilis antara 1 Juli 2022 hingga 30 Juni 2023.

Berdasarkan hasil uji klasifikasi AMI yang berlangsung sejak 18 Juli hingga 3 Agustus 2023, yang dilakukan secara offline dan online, terdapat total 62 kategori dalam AMI Awards tahun ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan