Dampak Kemarau Kian Serius, Sungai Cikeruh Kering Kerontang

JABAR EKSPRES – Sudah beberapa bulan sejak kemarau juga fenomena El Nino, masyarakat di Kabupaten Bandung mengalami kekeringan.

Hampir semua lahan pertanian, hingga akses air bersih susah untuk didapat. Bahkan, di sungai Cikeruh kini kering kerontang.

Tak terkecuali di Kampung Sukarame, Desa Tegal Sumedang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat aliran sungai Cikeruh kini bisa dijadikan tempat bermain oleh anak-anak.

Dari Pantauan Jabar Ekspres, di aliran sungai Cikeruh yang kering ini, tampak beberapa anak bisa bermain layaknya seperti lapangan. Tak ada setetes air, anak-anak pun dengan gembira bermain bola dan membuat kubangan.

Disekitar aliran sungai Cikeruh yang kering, tampak sawah yang mengering mengakibatkan dedaunan pun ikut menguning akibat tidak adanya air.

Salah satu warga sekitar, Temi Setiawan (45) mengaku kekeringan terjadi sejak 3 bulan lalu. Menurutnya, aliran sungai Cikeruh ini bisa menjadi solusi kekeringan di kampungnya jika tidak ada air.

“Sudah hampir 3 bulan sungai ini kering, padahal air sungai ini sering digunakan oleh warga untuk persawahan dan juga berkebun,” ujar Temi saat ditemui, Rabu 20 September 2023.

Akibat keringnya air Sungai Cikeruh ini berdampak untuk persawahan, otomatis sawah warga pun alami kekeringan.

“Karena air di sini kering, ya otomatis ke sawah dan kebun juga ikut kering,” katanya.

Meski begitu, Temi menyebut untuk kebutuhan air bersih di kampungnya, warga hanya bisa mengandalkan air sumur.

“Iya kadang warga mengandalkan dari sumur, sebagian ada yang kering sebagian lagi ada yang airnya besar, tapi itu juga airnya bau dan kuning apalagi kalau digunakan untuk mandi jadi bau dan enggak enak,” tuturnya.

“Terus untuk masak dan air minum kita juga jadi beli air galon,” lanjutnya.

Temi menambahkan, memang setiap musim kemarau di daerahnya sering mengalami kekeringan, namun untuk Sungai Cikeruh yang tidak ada airnya baru sekarang.

“Kalau dulu masih ada air-air sedikit atau lumpur, tapi enggak separah kaya sekarang sampai airnya ga ada dan tanahnya kering,” ucapnya.

Sungai Cikeruh terjadi pendangkalan dengan kedalaman sekitar 3 meter untuk memompa air keluar sehingga mulai dikeruk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan