Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung sudah Bisa Kelola Sampah Secara Mandiri, Patut Ditiru!

JABARESKPRES – Dalam melakukan pengelolaan sampah Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung sudah dilakukan secara mandiri dengan memiliki tempat dengan nama zero waste.

Resident Manager Hotel Grand Tjokro Bandung sahmad mengatakan, hotel bintang 4 ini sekarang sudah bisa melakukan pengelolaan sampah secara mandiri melalui program zero waste.

‘’Pengelolaan sampah mandiri ini sudah dilakukan sejak 2020 lalu,’’ kata Sahmad dalam ketika menerima kunjungan,‘’ Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung belum lama ini.

Menurut Sahmad dalam melakukan pengelolaan sampah, Hotel Grand Tjokro Premiere, sampah yang dihasilkan dari aktivitas hotel sudah dikelola dengan cara dilakukan pemilahan.

Sampah organik dan anorganik dikelola dengan baik. Sehingga, selama 1 tahun terakhir 112 ton sampah tidak dibuang langsung ke TPA.

Sahmad mengakui, hampir 90 persen sampah yang dihasilkan dari Hotel Grand Tjokro premiere Bandung adalah organik yang dihasilkan dari bekas makanan.

Sampah-sampah ini berasal dari sisa makanan para tamu yang kemudian dikelola menjadi kompos dan mengembangkan budidaya maggot.

‘’Sampah dari outlet restoran dan sisa makanan para tamu selalu ada, dan ini sudah kita kelola dan dimanfaatkan,’’ ujar Sahmad.

Hotel Grand Tjokro Bandung melakukan budidaya maggot ini sebagai langkah untuk mengurangi sampah di Kota Bandung yang saat ini sedang mengalami kesulitan.

Sampah-sampah jenis sayuran, buah-buahan yang didapatkan dari pengelolaan dapur di Hotel Grand Tjokro Premier sudah dipilah terlebih dahulu sebelum dikelola.

Sampah organik lainnya ada sebanyak 3 ton kemudia dikelola untuk dijadikan kompos untuk tanaman.

Cara ini memiliki dampak positif terhadap lingkungan Hotel Grand Tjokro Premier Bandung sebagai tempat yang peduli terhadap lingkungan.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang diterima, Hotel Grand Tjokro Premiere kelas bintang 4 per bulannya menghasilkan sampah sebanyak Rp 14 ton sampah atau 4,5 kuintal per harinya.

Sahmad mengatakan, pihaknya akan selalu berkomitmen mendukung program pemerintah dan akan turut membantu dalam berbagai program kepedulian terhadap lingkungan.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan diajak untuk melihat langsung penanganan sampah hotel mulai dari pemilahan.

Sementara itu, Co-coordinator Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWI) mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh Hotel Grand Tjokro Premier Bandung dalam melakukan pemilahan sampah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan