Wabah Herpes Zoster Bukan Sekadar Virus Biasa! Berikut Cara Mencegahnya

JABAR EKSPRES – Dalam beberapa waktu terakhir, media sosial menjadi sorotan karena gambar atau video seorang pria yang menderita lepuhan berair yang melingkar di sekitar punggungnya, bahkan menyebar hingga ke bagian dadanya. Jenis lepuhan kecil ini di sebut sebagai Herpes Zoster.

Herpes Zoster, yang juga di kenal sebagai cacar ular atau dampa, terjadi karena reaktivasi virus Varicella-zoster (virus varicella-zoster – VZV).

Herpes Zoster adalah penyakit yang di sebabkan oleh infeksi virus Varicella-zoster, yang juga merupakan penyebab cacar air. Gejala utamanya adalah munculnya bintik-bintik berisi cairan pada kulit.

Baca artikel lainnya: Jangan Anggap Remeh! Bahaya Leptospirosis pada Anak dan Cara Menghindarinya

Biasanya, bintik-bintik ini muncul hanya di satu sisi tubuh dan seringkali di sertai rasa nyeri yang tidak menyenangkan. Walaupun penyakit Herpes Zoster jarang berbahaya, gejala nyerinya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya bintik-bintik, Herpes Zoster juga dapat menimbulkan gejala-gejala lain, termasuk demam, sakit kepala, sensitivitas terhadap cahaya, dan kelelahan. Beberapa hari setelah gejala-gejala ini muncul, biasanya akan terjadi ruam yang menyakitkan pada kulit yang sensitif, umumnya hanya di satu sisi tubuh, mengikuti jalur saraf kulit (dermatom). Ruam awalnya berbentuk benjolan merah yang sakit dan segera berkembang menjadi lepuh berisi cairan, yang kemudian mengeras. Ruam ini bisa bertahan selama 10 hingga 15 hari.

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, penyebab virus adalah virus yang sama dengan yang menyebabkan cacar air.

Namun, tidak semua orang yang pernah mengalami cacar air akan mengalami Herpes Zoster. Ada faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko, seperti usia di atas 50 tahun atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Bagaimana cara mengobatinya? Karena penyebabnya adalah virus, penggunaan obat antivirus adalah salah satu cara untuk mengatasi Herpes Zoster. Selain itu, pengidap juga dapat memerlukan jenis obat lain, seperti obat pereda nyeri.

Selain pengobatan, ada langkah-langkah lain yang dapat di lakukan untuk meredakan ketidaknyamanan yang di sebabkan oleh penyakit ini, seperti memilih pakaian yang tidak terlalu ketat, mengenakan pakaian berbahan lembut seperti katun, menjaga agar area kulit yang terkena tetap bersih dan kering, dan mandi dengan air dingin daripada air panas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan