Selain Sebagai Pengobatan Tradisional, Ketahui Manfaat Bunga Marigold Bagi Kulit

JABAR EKSPRES – Bunga Marigold atau yang disebut juga sebagai Calendula, merupakan jenis tanaman berbunga yang hingga saat ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan perawatan kulit.

Bunga marigold merupakan jenis tanaman yang dapat ditemukan di seluruh dunia dengan bunga yang berwarna kuning atau oranye cerah. Jenis tanaman ini memiliki sejumlah senyawa aktif yang memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan, terutama bagi kulit. 

Perlu diketahui, sebelum menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung calendula, pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap bahan ini dengan melakukan uji patch pada area kecil kulit. Jika kamu memiliki kondisi kulit tertentu atau sedang mengambil obat-obatan tertentu, disarankan untuk melakukan konsultasikan dengan ahli dermatologi atau profesional kesehatan sebelum menggunakan produk yang mengandung calendula. 

Manfaat Bunga Marigold untuk Kesehatan Kulit

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari penggunaan bunga marigold bagi kesehatan kulit, antara lain:

  • Antiinflamasi

Marigold memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat dalam membantu mengurangi peradangan pada kulit. 

  • Penyembuhan Luka

Calendula dikenal memiliki kemampuan yang dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Ekstrak calendula dapat membantu dalam memperbaiki jaringan kulit dan mengurangi bekas luka. 

BACA JUGA: Cara Penggunaan Masker Telur Kuning dan Beberapa Manfaatnya Bagi Kulit

  • Antibakteri

Senyawa-senyawa dalam bunga mrigold memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri pada kulit. 

  • Antioksidan

Calendula mengandung antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti menjaga kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

  • Mengurangi Iritasi Kulit

Jenis tanaman ini sering digunakan untuk meredakan iritasi kulit, termasuk kulit yang teriritasi akibat sengatan matahari atau paparan bahan kimia.

BACA JUGA: Melembapkan Kulit Wajah, Berikut Manfaat Lain Masker Lidah Buaya

  • Mengatasi Jerawat

Bunga marigold memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu dalam mengatasi jerawat dan mempercepat proses penyembuhan kulit yang terkena jerawat.

  • Hidrasi Kulit

Kandungan emolien dalam marigold dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. 

  • Perlindungan Terhadap Radikal Bebas

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan