Kemarau Masih Mengancam, Kekeringan dan Sulit Air Bersih Hantui Masyarakat Bandung

KABUPATEN BANDUNG, JABAR EKSPRES – Menjelang puncak musim kemarau 2023, sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat mulai mengalami kekeringan hingga sulit air bersih, termasuk wilayah Kabupaten Bandung.

Panceklik air bersih sudah terjadi di Desa Sangiang dan Rancaekek Wetan, wilayah Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Kendati demikian, wilayah Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung masih mampu bertahan, meski kekeringan tetap menghantui di musim kemarau yang cukup panjang tahun ini. Hal itu terlihat, selain sumur-sumur gali masih ada airnya meski dalam, begitu pula sumur-sumur pompa di rumah masih mengeluarkan air.

Camat Cileunyi, Agus Rizal mengatakan, ketersediaan air termasuk air bersih yang mengandalkan sumur artesis atau pun sumber-sumber mata air lainnya, di Kecamatan Cileunyi masih bisa dinikmati masyarakat.

“Alhamdulillah warga di 6 desa di Kecamatan Cileunyi air bersih masih mudah didapat dan belum ada laporan warga kesulitan air bersih,” kata Agus melalui seluler, Senin (18/9).

Dia menyampaikan, pihaknya hingga saat ini terus memantau kewilayahan, terkait kemarau yang terus berlanjut.

“Khawatir berdampak pada sulitnya warga mendapatkan air bersih,” ujar Agus.

BACA JUGA: VIRAL! Perangkat RT Patok Tarif untuk Bantuan Air Bersih dari PDAM

Diungkapkannya, pihak kecamatan sudah memberikan sosialisasi dengan cara membagikan surat edaran ke desa-desa, apabila terdapat warga yang mengalami kesulitan air bersih.

“Supaya bisa langsung terlaporkan dan dapat segera kita tindak lanjuti,” tukas Agus.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Cibiru Wetan, Hadian Supriatna mengaku, hingga saat ini wilayahnya masih belum terdampak kemarau dan air bersih masih tergolong aman.

“Alhamdulillah warga di Desa Cibiru Wetan masih mudah mendapatkan air bersih. Di Desa Cibiru Wetan ada 3 sumur artesis untuk warga airnya masih ngocor,” ucapnya.

Ketika disinggung terkait minimnya air bersih di SMPN 4 Cileunyi yang berada di wilayah Desa Cibiru Wetan, Hadian menuturkan bahwa hal tersebut bukan kewenangannya.

“Menangani air bersih di SMPN 4 Cileunyi itu kewenangan Disdik. Pemdes Cibiru Wetan siap membantu kiriman air bersih,  dengan catatan pihak SMPN 4 siap menyediakan jaringannya,” tutupnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan