Kampung Cibunut Kota Bandung Kawasan Padat Penduduk yang Berhasil Kelola Sampah

Aturan untuk melakukan pemilahan sampah di Kampung Cibunut Kota Bandung ini terbilang tegas dan saklek. Jika sampah tidak dipilah mulai dari rumah tangga maka, tidak akan diangkut oleh petugas atau tidak dilayani untuk mengurus administrasi penduduk.

Hendrik Muchlison, Kota Bandung

Kampung Cibunut terletak di pusat perkotaan Kota Bandung. Wilayahnya masuk kelurahan Kebon Pisan, Kecamatan Sumur Bandung.

Tepatnya ada di Jalan Sunda, atau 300 meter ke utara dari Simpang Lima.

Memasuki Kampung Cibunut pemandangan yang pertama kali terlihat adalah kawasan padat penduduk.

Gerbang masuk kampung nampak mencolok. Ada gapura dengan cat warna-warni di pilar tembok gapura itu.

Pengunjung akan langsung disambut jaln yang menurun. Tapi nampak asri karena kanan-kirinya penuh dengan tanaman yang ada di halaman rumah warga.

Salah satu yang menakjubkan, rumah-rumah warga di kampung ini bersih dan rapih.

Warganya pun sangat ramah ketika ada tamu yang datang dengan disambut senyuman.

Ketika menelusuri gang-gang di Kampung Cibunut tidak ada sama sekali sampah tercecer. Setiap sudut rumah pasti akan ditemui tempat sampah.

Tempat sampah ini, sudah menjadi aturan wajib warga yang tinggal di daerah itu.

Kampung Cibunut Berwarna

Kampung Cibunut banyak memiliki lorong atau gang-gang sempit. Tapi masyarakat di kampung ini terlihat sangat kompak. Hal itu terlihat dari cat rumah warna-warni milik warga dengan seni yang dilukis oleh komunitas mural.

Salah satu yang menarik perhatian, di kampung Cibunut ini jangan coba-caba buang sampah sembarangan jika tidak ingin di denda atau kena sanksi sosial.

Jangankan buang sampah, buang puntung rokok sembarang di wilayah ini sangat dilarang. Di setiap teras rumah warga sudah ada asbak yang terbuat dari bambu.

Setiap lorong gang juga memiliki lubang biopori. Tujuannya sebagai tempat resapan air dan mengendalikan banjir.

Komposisi Penduduk Kampung Cibunut

Kampung Cibunut ini satu kecamatan dengan Kantor Wali Kota. Program warga dalam mengendalikan sampah terbilang sukses. Dan layak menjadi contoh ketika Kota Bandung mengalami darurat sampah.

Kampung Cibunut dihuni 300 rumah dengan jumlah 560 Kepala Keluarga. Total penduduknya ada sekitar 1.900 jiwa. Rata-rata penduduknya banyak yang berdagang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan