BRI Antarkan UMKM Binaan Naik Kelas Lewat Pameran Kriyanusa 2023

JABARESKPRES – Dalam ajang pameran Kriyanusa 2023 berbagai produk hasil binaan BRI banyak yang menarik perhatian pengunjung.

Salah satu UMKM binaan BRI Tio Siujinata memamerkan hasil kerajinan tangan yang dipajang di both khusus yang disediakan olej BRI.

Untuk diketahui, kegiatan yang digagas Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  dan digelar di Convention Center (JCC) itu menampilkan berbagai kerajinan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Tio Siujinata pemailiki Craftote Gallery & Coffee mengaku, Ketika memulai bisnis, dia tidak menyangka akan berkembang hingga bisa melakukan ekspor.

Awalnya waktu itu bersama tiga temannya Tio mencoba membuat kerajinan tangan berbagai alat rumah tangga.

‘’Kerajinan ini dibuat dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, seperti bambu dan kayu,’’ujar Tio.

Tio awal merintis usahanya itu sejak 2021 lalu. Hasil kerajinan tangan yang dihasilkan Tio juga dipajang di Cofee Shop yang dikelola oleh Tio sendiri.

Waktu itu Tio menginginkan agar usaha yang sedang digelutinya berkembang. Tak disangka usaha miliknya didatangi pihak BRI.

‘’Saya diberikan tantangan agar cafe yang sedang dikelolanya itu mau dibina melalui rumah BUMN BRI,’’ kata Tio.

Tawaran itu awalnya tidak langsung diterima. Namun dengan pertimbangan agar usahanya maju dan berkembang akhir Tio mengikuti arahan dan instruksi yang diberikan selama pembinaan di Rumah BUMN BRI.

Dalam mengelola bisnis, dia mengaku hanya mengetahui persoalan produksi, menjual dan mendapatkan untung. Tapi setelah mendapatkan pengetahuan Tio diajari mengenai cara membranding sebuah produk.

Selain itu, pembinaan lainnya adalah diberikan pengetahuan mengenai strategi marketing dalam menjual.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana cara mengelola keuangan usaha yang modalnya didapat dari pinjaman untuk mengembangkan usaha.

‘’Saya jadi terbuka, tadinya saya berpikir untuk bisnis pada umumnya saja,’’ ucapnya.

Tio menceritakan dalam pembinaan, berbagai ilmu dan sharing pengetahuan dengan sesame pelaku usaha sering dilakukan. Dari situ Tio mengetahui mengenai pola-pola menejemen bisnis.

Dengan bertambahnya pengetahuan dan keterampilan yang semakin mumpuni, Tio pun menciptakan produk yang menarik perhatian seorang distributor dengan target pembeli internasional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan