Menjadikan Bencana Gempa Bumi Sebagai Pengingat, Ini Yang Harus Dilakukan

JABAR EKSPRES – Semua musibah yang terjadi di alam ini, baik berupa gempa, kebakaran, banjir dan yang lainnya, dimana menimbulkan bahaya dan berbagai macam penderitaan, bisa jadi disebabkan oleh perbuatan buruk manusia sendiri. Karenanya segala macam bencana seperti gempa yang baru saja menimpa saudara-saudara kita bisa dijadikan sebagai pengingat.

Semua bencana yang terjadi tentu saja sudah merupakan ketetapan dari allah, dan hal itu juga menunjukkan tanda-tanda kekuasaan Allah yang berada diluar kuasa manusia. Temasuk gempa di Maroko yang menelan ribuan nyawa pada 8 September lalu, adalah pengingat yang sangat jelas untuk manusia.

Saat terjadi gempa seperti itu, maka ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan, hal ini dijelaskan oleh Mufti ‘Aam Kerajaan Saudi Arabia, Ketua Hai-ah Kibaril ‘Ulama’, Penelitian Ilmiah dan Fatwa, ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz.

1. Menyegerakan untuk Bertaubat.

Firman Allah Ta’ala,

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

“Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah mema’afkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (QS. Asy-Syuura: 30)

Allah Ta’ala juga berfirman,

مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللَّهِ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ

“Nikmat apapun yang kamu terima, maka itu dari Allah, dan bencana apa saja yang menimpamu, maka itu karena (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS. An-Nisaa: 79)

Baca juga : Kemenag Imbau Warga Muslim Laksanakan Salat Gaib untuk Korban Gempa Bumi Maroko dan Banjir Bandang Libya

Oleh karena itu, wajib bagi setiap kaum muslimin agar bertaubat kepada Allah, konsisten di atas agama, serta menjauhi larangan Allah termasuk kesyirikan dan maksiat.

Dengan begitu, Allah akan menyelamatkan kita dari seluruh bahaya di dunia maupun di akhirat. Allah pun akan menghindarkan dari mereka berbagai adzab, dan menganugrahkan kepada mereka berbagai kebaikan.

Perhatikan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al-A’raaf: 96)

2. Memperbanyak sedekah

Selain menyegrakan untuk bertobat, setelah terjadi gempa dianjurkan memperbanyak sedekah dan menolong fakir miskin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan