Menu Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes yang Membantu Stabilkan Gula Darah

JABAR EKSPRES – Diabetes adalah penyakit serius yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan berikut ini Menu Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes yang Membantu Stabilkan Gula Darah.

Selain obat-obatan yang di resepkan, asupan makanan untuk penderita diabates yang tepat dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan normal.

Ini penting karena tubuh penderita diabetes tidak lagi merespons insulin dengan baik atau bahkan tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk mengolah gula yang masuk ke dalam tubuh.

Jadi, mengatur pola makan dan pilihan makanan untuk penderita diabetes adalah kunci untuk menghindari komplikasi serius dan memastikan kualitas hidup yang lebih baik bagi penderita diabetes.

Baca juga : Vitamin dan Suplemen yang Efektif Penurun Gula Darah

Mari kita telusuri pilihan makanan yang baik dan aman untuk penderita diabetes, sekaligus berbicara tentang makanan yang sebaiknya di hindari.

  1. Karbohidrat yang Sehat

Karbohidrat adalah sumber energi penting, tetapi memilih jenis yang tepat adalah kunci utama dalam mengelola diabetes.

Bijaklah dalam memilih karbohidrat sehat seperti biji-bijian utuh seperti beras merah, oatmeal, quinoa, milet, dan amaranth. Ubi jalar panggang juga merupakan pilihan baik.

Hindari karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan nasi putih, serta sereal yang mengandung banyak gula.

  1. Sayuran Bergizi

Sayuran hijau rendah kalori dan kaya akan vitamin C dan antioksidan, sangat baik untuk kesehatan jantung dan mata. Sayuran seperti kale, bayam, dan arugula sangat di anjurkan.

Selain itu, pilih sayuran berbagai warna lainnya seperti wortel merah, paprika merah, bawang putih, dan terong.

Hindari sayuran kalengan dengan banyak tambahan natrium atau yang di masak dengan banyak mentega, keju, atau saus.

  1. Buah-buahan Sehat

Buah-buahan mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat yang baik. Pilih buah segar, buah beku biasa, atau buah kalengan tanpa tambahan gula.

Alpukat adalah pilihan yang aman untuk penderita diabetes karena rendah gula, kaya serat, dan mengandung lemak sehat. Namun, hindari buah kalengan dengan sirup gula kental atau buah gulung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan