Kaya Akan Kandungan Karbohidrat, Ketahui Manfaat Gandum!

JABAR EKSPRES – Gandum merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki gizi yang kaya akan karbohidrat dan manfaat bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi yang ada pada 100 gram gandum terdiri dari 72 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, 13 gram protein, 10,7 gram serat, dan 0,4 gram gula.

Ketahui apa saja manfaat yang terkandung dalam salah satu makanan yang dapat digunakan untuk diet etrsebut, berikut diantaranya:

Manfaat Gandum

  • Sumber Energi

Gandum mengandung karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber utama energi untuk tubuh. Makan gandum dapat memberikan energi yang berkelanjutan.

BACA JUGA: Ketahui Beberapa Efek Samping Dari Diet Karbohidrat!

  • Serat

Gandum mengandung serat, yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengatur kadar gula darah.

  • Nutrisi Esensial

Gandum merupakan sumber berbagai nutrisi esensial seperti vitamin B, mineral (seperti besi, magnesium, dan seng), dan protein. Vitamin B kompleks yang bermanfaat dalam metabolisme energi, sementara mineral mendukung fungsi tubuh yang optimal.

  • Pengendalian Berat Badan

Serat dalam gandum dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengontrol nafsu makan. Ini dapat mendukung upaya penurunan berat badan atau pemeliharaan berat badan yang sehat.

  • Penurunan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi gandum utuh yang tinggi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat dan antioksidan dalam gandum dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan tekanan darah.

BACA JUGA: Selain Menambah Rasa, Ketahui Manfaat Lain Dari Lada Putih!

  • Kesehatan Usus

Gandum utuh mengandung prebiotik, yang merupakan makanan bagi bakteri baik dalam usus yang bermanfaat dalam menjaga keseimbangan mikrobiota usus yang sehat.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam gandum membantu mencegah sembelit, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

  • Kesehatan Jantung

Kandungan serat, antioksidan, dan fitonutrien dalam gandum dapat membantu melindungi jantung kamu dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

  • Pencegahan Diabetes Tipe 2

Konsumsi gandum utuh dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Serat dalam gandum membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Gandum mengandung mineral seperti magnesium dan fosfor, yang penting untuk kesehatan tulang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan