Sejauh Mana Persiapan TPS Sementara di Gedebage?

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Tempat pembuangan sampah (TPS) sementara yang dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, di sekitar wilayah Gedebage, masih dalam proses pengerjaan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Dudy Prayudi mengungkapkan, saat ini proses tersebut tengah dikerjakan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) Kota Bandung.

“Masih dalam proses penyiapan. Nanti kalau sudah siap, baru kita pergunakan,” ungkap Dudy saat dihubungi Jabar Ekspres, Selasa 12 September 2023.

BACA JUGA: TPS Sementara Gedebage Beroperasi, Warga Minta Kepastian

“Kami terus mendorong ke teman-teman DSDABM biar bisa sesegera mungkin dipergunakan,” tambahnya.

Kendati demikian, dirinya mengharapkan TPA Sarimukti dapat segera kembali normal. Sehingga pihaknya tidak perlu menggunakan TPS darurat di Gedebage.

Terlebih, kata Dudy, saat ini di TPA Sarimukti, pihaknya sudah mendapatkan lahan darurat yang bisa digunakan. Lokasinya berada di lahan pembuangan area belakang.

“Kita ada jatah sekitar 4.000 rit. Kita akan maksimalkan ini. Mudah-mudahan bisa menyelesaikan atau bisa mengurangi sampah-sampah di TPS pada saat ini,” katanya.

BACA JUGA: TPS Gedebage Ingin Dijadikan Layaknya TPA Sarimukti

Sementara itu, disinggung menyoal pencarian lokasi alternatif TPS yang bakal digunakan selain di Gedebage, dirinya mengaku belum menemukan lahan lagi.

Dudy menegaskan bahwa yang jelas untuk saat ini, pihaknya masih berharap terhadap TPA Sarimukti. Lantaran pencarian lahan untuk TPS bahkan TPA, menurutnya tidaklah mudah.

Sampai saat ini kita belum menemukan lahan lagi. Yang jelas kami masih berharap ke TPA Sarimukti. Karena memang tidak mudah mencari lahan Untuk TPS bahkan TPA.

“Jadi kami berharap dengan TPA Sarimukti. Terlebih status tanggap daruratnya diambil provinsi, semoga lebih cepat tertangani,” pungkasnya.

BACA JUGA: Kawasan GBLA Jadi TPS Sementara Lainnya Kota Bandung

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan