CARA MUSLIM MENGHADAPI OSTEOPOROSIS

Aliran air yang mengenai seluruh tubuh akan memberikan retensi alami yang membantu memperkuat otot-otot tulang belakang, panggul dan ekstremitas.

Berkuda memberikan gerakan ayunan berima dengan hentakan-hentakan yang merangsang sendi-sendi tulang belakang bergerak.

Gerakan ini merangsang sel-sel tulang belakang dan sendi untuk mendorong pertumbuhan sel baru dan mencegah osteoporosis.

Olah raga berkuda akan memperkuat tulang khususnya bagian tubuh atas dan bawah seperti punggung, lutut hingga pinggul.

Gerakan tubuh mengayun, melambung dan turun dengan hentakan ringan dan berima selama berkuda akan melonggarkan sendi antar ruas-ruas tulang belakang dan merangsang aktifitas sel tulang.

Dengan mengetahui tentang penyakit osteoporosis dan cara-cara alamiah untuk menghadapinya diharapkan masyarakat dapat melakukan upaya-upaya melalui pola hidup yang dijalaninya sejak dini. Wallahualam bishawab (*)

Penulis adalah dosen dan peneliti di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Achmad Yani, lulus dari Universitas Padjadjaran dan Kyushu University Jepang. Salah satu fokus penelitiannya adalah semen tulang untuk material pengisi tulang dan pengobatan osteoporosis. Penulis juga aktif memberikan penyuluhan tentang osteoporosis pada komunitas dan lembaga lansia seperti Bandung Geriatric Centre, Sekolah Lanjut Usia Salimah (Salsa), Komunitas Sahebring (Sepuh Sehat Ngariung Bari Ngabring), dll. Tanggapan dan komunikasi dapat disampaikan melalui email: [email protected].

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan