CARA MUSLIM MENGHADAPI OSTEOPOROSIS

  • Rukuk, meletakkan telapak tangan pada kedua lutut dan meluruskan punggung berfungsi untuk meregangkan tulang punggung dan memperbaiki postur tubuh. Meletakkan telapak tangan di atas sendi lutut memberi stimulus dan pemijatan ringan pada sendi lutut.
  • Sujud, melancarkan peredaran darah, membantu otot punggung rileksasi dan memanjang untuk melonggarkan tekanan pada sendi tulang punggung.
  • Duduk dan salam meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan tulang dan melancarkan peredaran darah.

Penyakit inflamasi kronis dapat meningkatkan proses pengeroposan tulang. Penyakit ini dapat disebabkan oleh pola hidup yang buruk, kurang tidur dan stress. Stress dapat menyebabkan penyakit psikosomatik yang dapat dipicu oleh penyakit hati misalnya kondisi berlebihan pada kekecewaan, kekhawatiran, kemarahan, kesedihan dan lain-lain. Solusinya adalah dengan shalat dan kesabaran untuk menstabilkan kondisi emosional yang akan berpengaruh terhadap kesehatan.

  1. Tuntunan makanan bagi seorang muslim.

“Ukuran perut anak Adam adalah cukup beberapa suap saja sampai dia bisa menegakkan tulang punggungnya.” (HR. Ibnu Majah:3349. Al-Albani: Sahih)

Tulang berdasarkan struktur penyusunnya memerlukan sumber makanan antara lain protein, kolagen, mineral kalsium, magnesium, fosfat dan Vit C, D, K2. Makanan yang baik untuk tulang antara lain kacang kedelai misalnya tahu dan tempe yang kaya kandungan isoflavon yang penting untuk proses remodeling tulang.

Vit C pada sayuran, buah-buahan memproduksi kolagen tubuh termasuk tulang. Vit D selain dari makanan didapat secara alamiah dengan bantuan sinar matahari. Vit K2 pada telur, keju, tempe dan makanan fermentasi yang kaya probiotik, diproduksi pula oleh bakteri di dalam usus.

Makan berlebihan dapat menyebabkan obesitas yang akan membebani tulang dan sendi secara berlebihan. Minuman beralkohol, merokok, minuman bersoda dapat meningkatkan proses pengeroposan tulang. Sedangkan cuka alami seperti cuka apel, cuka beras dapat membantu penyerapan kalsium dan mineral yang didapat dari makanan.

Rasulullah Saw bersabda, “Sebaik-baik lauk adalah cuka.” (HR. Muslim No.3823).

  1. Cara berjalan Rasulullah SAW

Berdasarkan beberapa hadist, cara berjalan Rasulullah adalah kuat, tegap, mengangkat kaki, langkah lebar, tidak terburu-buru/tenang, tumit pertama menyentuh tanah, tangan diayun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan