BRI Bawa Petani Kopi Asal Bandung Tembus Pasar Internasional

JABAREKSPRES – Salah satu bentuk komitmen dari Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI adalah turut andil dalam memberdayakan UMKM agar naik kelas. Hal ini yang dirasakan oleh Lucky Tejakusuma (41) seorang Petani Kopi asal Bandung yang telah berhasil memasarkan kopi sampai mancanegara.

Awalnya Lucky menceritakan, sebelum dapatkan pembinaan dari BRI, dia adalah petani sayuran yang memiliki lahan di kawasan Ciwidey Kabupaten Bandung.

Pada 2016, Lucky merasakan bahwa perlu ada pengangembangan dalam usaha agri bisnisnya itu. Maka, selain menanami sayuran, Lucky mencoba menanam pohon kopi di lahannya itu.

Menurutnya, sebelum menanam kopi, bersama sang suami, R. Yugian Leonardy (52) melakukan riset.

Riset dilakukan untuk mengetahui potensi dari kopi, baik dari segi pemasaran mapun produksinya.

‘’Potensi Kopi ternyata sangat menjanjikan karena di daerah Ciwidey sangat cocok ditanami kopi,’’ ujar Lucky.

Setelah diketahui memiliki potensi yang menjanjikan, akhirnya Lucky memutuskan untuk menanam kopi dengan dukungan permodalan dari BRI.

Modal investasi ini digunakan oleh Lucky untuk membuat tempat produksi pengolaahan kopi modern.

Tempat usaha milik Lucky ini juga telah banyak menyerap tenaga kerja pria dan wanita. Baik pada bagian produksi mapun kalangan petani kopi.

Lucky bersama suaami kemudia membentuk badan hukum usaha di bahwa bendera PT Gravfarm yang memiliki berbagai jenis hasil olahan kopi yang berasal dari Ciwidey Kabupaten Bandung.

‘’Ada sekitar 26 produk baik green bean maupun roast been. Sedangkan untuk brand, dikenal dengan Kopi Hyang Blue,’’ ujar Lucky.

Dalam mengembangkan usahanya, Lucky mengaku tidak semudah menceritakan. Menurutnya proses membangun usaha ini betul-betul dimulai dari nol.

Berbagai kendala, seperti gagal panen, produk tidak laku di pasaran sudah pernah dialami oleh Lucky. Sampai akhirnya usaha yang dilakukan ini mengalami kerugian besar

Akan tetapi berkat semangat dan ketekunannya ini usaha kopi dengan mempromosikan produk kopi andalan Gunung Patuha akhirnya membuahkan hasil.

Lucy berulang kali dapat undangan dari berbagai instansi untuk mengenalkan produk kopi khas dari dtaran Ciwidey Kabupaten Bandung itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan