Golkar Belum Restui Ridwan Kamil jadi Cawapres Ganjar Pranowo

JABARESKPRES – Kabar Ridwan Kamil yang menginginkan maju untuk menjadi Calon wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo semakin santer terdengar.

Selepas berhenti menjabat sebagai Gubenur Jawa Barat Nama Ridwan Kamil banyak disebut-sebut akan mendampingi Ganjar Pranowo sebagai Cawapres.

Hal ini cukup beralasan mengingat Ganjar Pranowo posisinya sangat lemah di Jawa Barat. Sehingga, PDIP sebagai partai pendukung, sangat memungkinkan mempertimbangkan Ridwan Kamil sebagai pendamping Ganjar.

Lampu hijau dari para elit PDIP juga menegaskan, nama Ridwan Kamil masuk ke dalam daftar nama Cawapres yang sedang dibahas oleh para petinggi partai berlambang Kepala Banteng itu.

Menanggapi kabar ini, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono ketika melakukan kujungan ke Cirebon memberikan respon atas isu yang berkembang itu.

Menurut Agung, jika Ridwan Kamil ingin maju sebagai Cawapres, Partai Golkar tidak akan melarangnya. Asalkan keinginannya tersebut atas nama individu dan bukan atas nama partai.

‘’Kami tidak bisa melarang orang yang ingin kariernya maju dalam politik,’’ ujar Agung kepada wartawan, Sabtu, (9/9).

Agung menegaskan, sejauh ini Partai Golkar tidak pernah merekomendasikan mantan Gubenur Jawa Barat untuk menjadi Cawapres pendamping Ganjar.

Berdasarkan keputusan partai, Golkar sudah tergabung dengan koalisi yang mengusung Capres Prabowo Subianto bersama partai Gerindra.

Selain itu, untuk pembahasan Cawapres, Partai Golkar saat ini belum memberikan rekomendasi mengenai siapa yang nanti akan disodorkan.

‘’Jadi jika wacana itu berkembang baru atas nama pribadi atau secara individu bukan dari partai,’’ kata Agung.

Untuk diketahui, Ketua Umum PDIP dan para petinggi saat ini masih terus menggodok beberapa nama yang akan dijadikan Cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

Beberapa nama di antaranya Ridwan kamil, Mahpud MD,

Beberapa di antaranya adalah nama Mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil hingga Menkopolhukam Mahfud Md dan Sandiaga Uno sedang dinbahas lebih mendalam.

Pertemuan para ketum parpol pengusung Ganjar Pranowo itu digelar pada Senin (4/9/2023) lalu. Dalam pertemuan itu turut soal kandidat cawapres potensial pendamping Ganjar Pranowo.

‘’Jadi ada nama Mahfud Md, Pak Ridwan Kamil dan beberapa nama yang disuarakan rakyat akan dikaji lebih mendalam dan pada saatnya nanti akan diumumkan siapa Cawapres pendamping Ganjar,’’ ujar Hasto beberapa waktu lalu. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan