BRI Ajak Warga Kembangkan Urban Farming Program BRINita

JABARESKPRES  – Sebagai bentuk komitmen terhadap lingkungan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengajak masyarakat untuk melakukan pemberdayaan melalui program BRInita.

Coorperate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menuturkan, program ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggungjawab untuk melestarikan lingkungan.

‘’Program ini dinamakan BRI Peduli Bertani di Kota atau BRInita,’’ ujar Agustya dalam keterangannya.

BRInita sudah diluncurkan sejak 2022 lalu dan sudah ada di 18 Kota/Kabupaten Kota di Indonesia.

Menurutnya, BRInita adalah program yang digagas BRI untuk mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan yang dilksanakan di kawasan padat penduduk.

Program BRInita ini sudah banyak dilaksanakan diberbagai wilayah di Indonesia dengan melibatkan Ikatan Wanita BRI (IWABRI) yang bertindak sebagai pembina.

Secara bertahap BRInita diimplementasikan di 18 Regional Office (RO) BRI di Indonesia.

BRI memberikan bantuan infrastruktur dan pelatihan pembinaan secara berkala untuk menunjang keberhasilan program.

Pelatihan yang diberikan oleh BRI dalam program BRInita adalah memberikan pengatahuan mengenai bagaimana cara mengelola urban framing.

Konsep Urban Farming sendiri sangat cocok dilakukan di wilayah perkotaan yang memiliki lahan terbatas.

Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan nilai tambah untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan.

‘’Berbagai program pembinaan juga diberikan dari mulai penjualan, pengelolaan, packaging sampai teknik melakukan pemasaran,’’ tutur Agustya.

Menurutnya, program BRInita ini juga memiliki tujuan pembinaan kepada masyarakat untuk memberikan nilai ekonomis  dan keasrian dalam menjaga lingkungan di kawasan perkotaan.

‘’Harapannya berbabagi pengalaman dan cerita ini nantinya bisa menjadikan inspirasi bagi masyarakat,’’ ujarnya.

Sementara itu, salah satunya Kelompok binaan program BRInita asal Kota Surabaya telh berhasil membuat unit usaha urban farming yang ada di tengah kota.

Kelompok usaha dengan nama Kosagrha Lestari ini berada di Kelurahan Medokan Ayu, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Ketua kelompok Kosagrha Lestari Pridha Nashari Rahmatika mengakui, Progran BRInita yang digagas oleh BRI sangat memberikan manfaat bagi warga.

Selain memberikan nilai ekonomis, program ini juga memberikan edukasi dan memberika cara mengelola lingkungan agar tetap lestari.

Anggota kelompok diberikan berbagai pengetahuan cara membuat kompos dan pupuk alami yang berasal dari limbah rumah tangga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan