Timnas Indonesia Siap Tampil Beda Lawan Turkmenistan

Jabar EkspresShin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, menyiapkan formasi baru untuk menghadapi Turkmenistan pada pertandingan FIFA Matchday di Surabaya, Jumat (8/9). Perubahan formasi ini dilakukan karena ada empat pemain yang mengalami cedera.

“Karena ada yang cedera saat bermain bersama klub di liga, jadi saya akan mengubah formasi Timnas Indonesia,” kata Shin Tae-yong saat konferensi pers di Surabaya, Kamis.

Pemain yang absen adalah Shayne Pattynama, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, dan Dimas Drajad. Keempat pemain tersebut merupakan andalan Shin Tae-yong di lini belakang dan depan.

BACA JUGA: Akan Hadapi Turkmenistan, Nadeo Minta Dukungan Masyarakat Surabaya

Meski demikian, Shin Tae-yong tetap optimistis timnya bisa meraih hasil positif melawan Turkmenistan. Ia meminta dukungan dari masyarakat Indonesia untuk datang ke Stadion Gelora Bung Tomo untuk mendukung Timnas Indonesia.

“Saya harap masyarakat Indonesia bisa hadir dan mendukung kami. Dukungan dari suporter sangat penting bagi kami,” ujar Shin Tae-yong.

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia Dendy Sulistyawan mengaku sudah siap menghadapi Turkmenistan. Ia mengatakan, timnya sudah mempelajari gaya bermain Turkmenistan dan siap untuk menghadapi pertandingan.

“Kami para pemain sudah diperlihatkan video pertandingan Turkmenistan dan kami sudah mempersiapkan dengan baik,” kata Dendy Sulistyawan.

Ia juga mengungkapkan bahwa salah satu pemain Turkmenistan yang pernah merumput dengannya saat di Persela, yakni Ahmet Atayew merupakan pesepak bola yang bagus.

“Ahmet Atayew pemain yang bagus dan senang sekali bisa bertemu dengannya saat pertandingan besok,” tuturnya.

BACA JUGA: Sandy Walsh Fokus Debut di Surabaya, Alfeandra Dewangga Tak Butuh Adaptasi

Berikut adalah catatan pertemuan Timnas Indonesia dengan Turkmenistan:

  • 31 Maret 2004: Indonesia kalah 1-3 di Ashgabat
  • 17 November 2004: Indonesia menang 3-1 di Jakarta
  • 23 Juli 2011: Indonesia imbang 1-1 di Ashgabat
  • 28 Juli 2011: Indonesia menang 4-3 di Jakarta

Saat ini, Indonesia berada di peringkat 150 FIFA, sementara Turkmenistan berada di peringkat 138.

Shin Tae-yong kemungkinan akan menggunakan formasi 4-3-3 untuk menghadapi Turkmenistan. Formasi ini akan berbeda dari formasi 4-2-3-1 yang biasa digunakan Shin Tae-yong.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan