Siap Hadapi BK PON XXI 2023, Atlet Panjat Tebing Kabupaten Bandung Asah Power dan Mental

JABAR EKSPRES  – Atlet Panjat Tebing Kabupaten Bandung, Mira Liawati fokus berlatih dan meningkatkan power fisik untuk mendapatkan tiket Pekan Olahraga Nasional XXI tahun 2023.

Pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) XXI, Mira mengaku rutin melatih kemampuan memanjat tebing hingga mengasah mental.

“Kita sebelum mulai fokus untuk BK PON, memang sudah rutin latihan. Saya pribadi latihan setiap hari,” kata Mira kepada Jabar Ekspres melalui seluler, Kamis (7/9).

Diketahui, Mira merupakan atlet unggulan Kabupaten Bandung pada Cabor Panjat Tebing. Dia sempat mengikuti empat kategori pada Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) ke XIV.

Mira berhasil meraih prestasi di Speed Classic Perorangan Putri dengan medali perak, kemudian pada kategori Boulder Tim Putri meraih medali perunggu, serta Boulder Mix berhasil membawa pulang perunggu.

Mira menerangkan, sebelum Tim Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing Kabupaten Bandung berangkat ke Bekasi, latihan yang dirutinkan yakni lari dan squat, untuk memperkuat power dalam memanjat.

“Kita di Kabupaten Bekasi dari tanggal 29 Juli, udah sekitar satu bulan di sini latihan untuk BK PON,” terangnya.

Mira menyampaikan, masa fokus latihan timnya di Kabupaten Bekasi saat ini tersisa enam pekan, dengan aktivitas latihan di Stadion Wibawa Mukti.

Sementara ini, Mira mengungkapkan, dirinya lolos kategori Seleksi di Daerah (Selekda) Speed Word Record, untuk meraih tiket BK PON XXI tahun 2023.

“Kita ditekankan untuk power, apalagi buat kategori Speed Word Record, itu kekuatan kaki, perut dan tangan jadi faktor menunjang dalam kecepatan memanjat,” ungkapnya.

Wanita kelahiran Bandung, 22 November 2003 itu diketahui menjadi atlet penyumbang 3 keping medali sekaligus sebagai kontingen Kabupaten Bandung.

Mira berhasil meraih prestasi gemilang dengan membawa pulang 3 medali sekaligus di ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) ke XIV pada 2022 lalu.

Mira menuturkan, selain latihan fisik dalam menghadapi BK PON XXI tahun 2023, mentalitas bertanding menjadi prioritas agar tetap percaya diri saat berhadapan dengan atlet dari kabupaten/kota lain.

Dia berharap, untuk Cabor Panjat Tebing Mira bisa membawa harum nama Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat sebagai juara pada PON XXI nanti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan