Jangan Dianggap Sepele, Ini Bahaya Gigi Berlubang

JABAR EKSPRES- Gigi berlubang, seringkali dianggap sepele, sebenarnya dapat menjadi sumber masalah kesehatan yang serius. Ada berbagai komplikasi kesehatan yang mungkin timbul akibat gigi berlubang jika tidak segera ditangani.

Menurut dokter gigi dari E Dental Care, Rizka Triana, gigi dan mulut sebenarnya mencerminkan kesehatan tubuh bagian dalam. Masalah kesehatan gigi dan mulut yang diabaikan dapat menyebabkan masalah kesehatan lain di seluruh tubuh.

BACA JUGA: Bebas Polusi Udara, Ini 3 Keuntungan Piknik di Taman Safari Bogor!

“Masalah ini dapat berkisar dari masalah pencernaan hingga masalah jantung. Ada banyak komplikasi kesehatan yang dapat muncul,” kata Rizka saat diwawancara oleh CNNIndonesia.com.

Mengapa penting untuk merawat dan mengobati gigi berlubang dengan serius? Karena semua komplikasi kesehatan yang mungkin muncul dapat dicegah melalui rutinitas perawatan kesehatan gigi dan mulut yang baik.

“Dengan mengatasi infeksi yang ada di mulut, kita dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya. Karena itu, sangat dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan,” tambahnya.

Berikut adalah beberapa komplikasi kesehatan yang dapat timbul akibat gigi berlubang:

Penyakit Jantung dan Stroke: Orang yang memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut yang parah berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Bakteri penyebab periodontitis dan radang gusi dapat menyebar melalui aliran darah, memicu peradangan dan kerusakan pembuluh darah di jantung dan otak. Hal ini dapat mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

Tidak Dapat Menerima Transplantasi Ginjal: Masalah gigi berlubang dan penyakit gusi dapat menyebabkan rasa sakit, kesulitan makan, bau mulut, dan peradangan kronis, yang dapat menghambat seseorang dari menerima transplantasi ginjal.

Arthritis Rheumatoid: Kesehatan mulut dan arthritis rheumatoid saling terkait. Bakteri yang menyebabkan masalah gigi dan gusi juga dapat memicu arthritis rheumatoid, yang merupakan peradangan pada persendian yang biasanya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang bermasalah.

BACA JUGA: Promo IM3 Hari Pelanggan 2023, Bertabur Reward Spesial!

Penyakit Pernapasan: Bakteri dan plak dari masalah gigi berlubang dapat menyebar ke seluruh tubuh dan masuk ke paru-paru, menyebabkan masalah pernapasan seperti infeksi, bronkitis, pneumonia, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan