Reels Instagram Akan Dilengkapi Durasi Lebih Lama seperti TikTok

JABAR EKSPRESInstagram di laporkan akan mengenalkan opsi durasi yang lebih panjang untuk konten dalam format Reels, dengan batas durasi yang mencapai 10 menit.

Kabar mengenai perpanjangan durasi ini di ungkapkan oleh pengembang dan sumber bocor informasi terpercaya di dunia ponsel, Alessandro Paluzzi.

Lihat juga : Xiaomi Kenalkan Tablet Baru Redmi Pad SE dengan Kapasitas Baterai 8000mAh

“Aplikasi Instagram sedang mengembangkan kemampuan untuk membuat video Reels dengan durasi hingga 10 menit,” tweet Paluzzi melalui akun X pada, Rabu (30/8).

Dalam keterangan di halaman bantuan Instagram, semua video pendek yang di unggah ke feed Instagram sejak Juli 2022 di anggap sebagai Reels.

Termasuk dalam kategori ini adalah video yang sebelumnya sudah diposting di feed dan juga video yang di unggah melalui web Instagram.

Reels memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit video pendek dengan durasi hingga 90 detik. Baik melalui Kamera Instagram maupun dari klip yang ada di ponsel mereka.

Setelah itu, pengguna dapat mengunggah video langsung atau menambahkan efek serta musik ke dalam Reels.

Meskipun batas durasi maksimal untuk video Reels saat ini adalah tiga menit. Tangkapan layar yang di bagikan oleh Paluzzi mengindikasikan adanya peningkatan signifikan hingga 10 menit.

Peningkatan ini akan efektif mengubah Instagram menjadi platform berbagi video yang lebih bervariasi, mirip dengan layanan YouTube.

Menurut Engadget, perubahan ini akan membuat Instagram Meta mampu bersaing lebih baik dengan TikTok.

Pasalnya, TikTok sudah memperbolehkan pengguna untuk mengunggah video dengan durasi hingga 10 menit.

Tampaknya TikTok dan Instagram terlibat dalam dinamika saling meniru fitur-fitur satu sama lain. Dengan satu aplikasi sering kali mengadopsi fitur yang sebelumnya di perkenalkan oleh aplikasi lain.

Di sisi lain, YouTube telah mengambil arah yang berbeda dengan memperkenalkan format video pendek.

Lihat juga : Demi Atasi Kekhawatiran Terkait Keamanan Data, OpenAI Keluarkan ChatGPT Enterprise

Ketika ini terjadi, label-label yang dulu mudah di tempelkan pada platform-platform seperti Instagram sebagai “foto”, TikTok sebagai “video pendek”, dan YouTube sebagai “video panjang” telah menjadi semakin kompleks.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan