Lagi, Lahan di Cimahi Membara Akibat Bakar Sampah

JABAR EKSPRES – Petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi kembali harus disibukkan memadamkan api di lahan terbuka. Kebakaran diduga terjadi lantaran ada warga yang membakar sampah sembarangan.

Berdasarkan keterangan saksi, api dengan dengan cepat langsung merembet dan membakar material rumput dan ranting pohon yang sudah kering. Kebakaran lahan terjadi tepat di jembatan layang Baros, dekat kantor Kecamatan Cimahi Selatan, pada Jumat, 1 September 2023.

“Awal terlihat ada kepulan asap, disusul api terus membesar dan merambat keseluruh material ranting dan sampah yang ada di pinggir jalan. Api cukup besar, kalau tidak ditangani petugas pemadam dikhawatirkan akan merembet ke pemukiman warga,” kata saksi mata di lokasi, Rustandi kepada JabarEkspres.com pada Jumat, 1 September 2023.

Diduga api muncul setelah ada warga yang membakar sampah di lokasi tersebut. Namun tak diketahui, siapa yang membakar sampah di areal pinggir jalan tol tersebut.

“Yang jelas api sudah membesar dan petugas pemadam juga datang dengan cepat,” kata dia.

Dalam kejadian tersebut, empat petugas dan satu unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan. Tak lama, api yang sudah merembet sekitar lima meter dari titik sebelunya berhasil dipadamkan.

Kebakaran yang diduga akibat pembakaran sampah juga sebelumnya terjadi di kebun terbuka di kampung Pojok, Cirendeu, Leuwigajah. Api dengan cepat melahap semua material rumput dan tanaman.

Tim dari Pemadam Kebakaran Kota Cimahi turun tangan berjibaku mamadamkan api. Kepulan asap membumbung menyelimuti wilayah kebun yang membara tersebut.

“Menurut saksi mata ada 3 orang yang sengaja membakar sampah lalu merambat ke kebun dikarenakan angin sangat kencang sekali, dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa,” kata Plt. Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Aep mulyana.

Aep menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Cimahi supaya berhati-hati dalam membakar sampah. Lantaran saat ini sedang musim kemarau, api akan cepat menyebar dan sulit ditangani.

“Apabila kita sedang melakukan pembakaran sampah, kita harus tahu dimana kira-kira yang aman saat akan melakukan pembakaran sampah. Apabila dalam pembakaran sampah belum selesai jangan sampai ditinggalkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan