5 Cara Mengatasi Susah Tidur Paling Ampuh

JABAR EKSPRES – Saat kita mengalami susah tidur atau insomnia terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi.

Pada umumnya susah tidur jangka pendek disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: stres, prubahan jadwal tidur, dan lingkungan.

Hal tersebut dapat terjadi selama beberapa hari atau minggu. Susah tidur dalam jangka panjang bisa terjadi 3 malam atau lebih dalam kurun waktu seminggu dan berlangsung selama tiga bulan lebih.

Untuk dapat mendiagnosis insomnia Anda dapat mendatangi puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya. Tetapi Anda pun dapat mengetahui informasinya melalui artikel ini apa saja penyebab susah tidur dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Susah Tidur

Ada berbagai faktor penyebab insomnia yang bisa dirinci menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal merupakan faktor yang dapat kita kendalikan, di antaranya:

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi kafein terlalu banyak dan begadang dapat mengganggu kualitas tidur.

Masalah Kesehatan

Apabila memiliki masalah kesehatan seperti cemas, depresi dan pernapasan, maka bisa membuat seseorang mengalami sulit tidur.

Stres

Terlalu banyak pikiran yang membuat stres tentu bisa berdampak terhadap sulitnya tidur.

Sementara Faktor eksternal adalah hal yang tak dapat kita kendalikan atau di luar diri kita. Di antaranya:

Lingkungan

Apabila lingkungan tidak nyaman dikarenakan bising atau cuaca yang terlalu dingin atau panas dapat menyebabkan gangguan tidur.

5 Cara Mengatasi Susah Tidur

1. Tetapkan Jadwal Tidur

Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Ini membantu tubuh Anda membentuk kebiasaan, lebih mudah tertidur di malam hari dan bangun dengan perasaan segar di pagi hari.

Menaati jadwal juga akan membuat Anda lebih terjaga dibandingkan jika Anda tidur dengan jumlah waktu yang sama pada waktu yang berbeda dalam seminggu.

2. Hindari Kafein Setelah Pukul 14.00

Meskipun Anda mungkin perlu mengisi ulang tenaga di sore hari selama hari kerja, para ahli mencatat bahwa secangkir kopi atau minuman energi tambahan dapat membantu Anda melewati penurunan tenaga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan