Ternyata Sehari Ngopi 3 Kali Masih Aman Bahkan Bermanfaat, Cek Fungsi Kafein untuk Tubuh disini

JABAR EKSPRES – Kafein dalam kopi ternyata tidak selamanya memiliki dampak buruk untuk kesehatan, karena ternyata kafein ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan aktifitas manusia. Berikut beberapa manfaat kafein dalam kopi.

Kafein adalah senyawa alami yang ditemukan dalam berbagai sumber, termasuk kopi, teh, cokelat, dan minuman energi. Kafein dikenal memiliki beberapa manfaat potensial ketika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai.

Batas konsumsi kafein yang aman dapat bervariasi tergantung pada individu, toleransi terhadap kafein, serta kondisi kesehatan masing-masing orang. Namun, berdasarkan panduan umum yang diberikan oleh berbagai lembaga kesehatan dan otoritas, batas konsumsi kafein yang aman untuk orang dewasa adalah sekitar 350 – 400 miligram (mg) per hari.

Hal ini juga diungkapkan dr Tirta dalam salah satu unggahan di Instgaram dimana dalam sahari masih aman mengonsumsi 350 mg kafein atau setara dengan 3 gelas espresso atau kopi hitam lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa individu mungkin lebih sensitif terhadap kafein dan dapat mengalami efek samping bahkan dengan konsumsi kafein yang lebih rendah.

Baca juga : Aneka Olahan Kopi dari Seluruh Dunia, Kamu belum Nyoba yang Mana?

Selain itu, wanita hamil, ibu menyusui, orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti gangguan jantung, kecemasan, atau insomnia, serta individu yang menggunakan obat-obatan tertentu harus membatasi konsumsi kafein mereka.

Berikut beberapa manfaat kafein dalam kopi dan fungsinya untuk menunjuang aktifitas harian:

1. Peningkatan Kewaspadaan dan Fokus

Kafein adalah stimulan yang dapat membantu meningkatkan tingkat kewaspadaan dan fokus. Konsumsi kafein dalam jumlah yang tepat dapat membantu Anda tetap terjaga dan lebih waspada.

2. Peningkatan Kinerja Fisik

Kafein dapat meningkatkan performa fisik dengan membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Ini dapat bermanfaat dalam aktivitas olahraga dan latihan.

3. Peningkatan Mood

Kafein dapat mempengaruhi mood dengan merangsang pelepasan neurotransmiter seperti dopamine dan serotonin. Ini dapat memberikan perasaan lebih baik dan meningkatkan suasana hati.

4. Peningkatan Metabolisme

Kafein dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, yang dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Baca juga : 5 Manfaat Ajaib Minum Kopi di Pagi Hari, Catat Nih!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan