Ini Kisah Komarudin dari Garut yang Akan Diangkat dalam Film “Tanah Air Kedua” Diperankan Oleh Kim Bum

JABAR EKSPRES – Kisah kepahlawanan di Bumi Parahyangan tepatnya di Kabupaten Garut akan diangkat dalam sebuah Film. Kisah Nyata ini akan mendapuk Aktor Korea Selatan Kim Bum yang dipercaya memerankan Tokoh Pahlawan Komarudin dari Garut.

Komarudin yang akan di perankan oleh Kim Bum ini merupakan Pahlawan yang aslinya berasal dari Korea Selatan dengan nama asli Yang Chil Seong dan nama Jepang Yanagawa Shichisei.

Awalnya Komarudin merupakan menjadi tentara Jepang bertugas menjaga tawanan di Bandung. Setelah menikah dengan gadis Garut yang dicintainya, Yang Chil Seong jadi ikut berjuang bersama pemuda di Garut.

Baca juga : Kisah Nyata Film “Tanah Air Kedua” Bakal Dimainkan Kim Bum dan Maudy Ayunda

Dilansir dari Netralnews.com, berikut kisah kepahlawanan Komarudin selengkapnya :

Bermula dari Penjajahan Jepang di Asia Tenggara (1941-1942), sekitar 300.000 orang tahanan perang dari negara Sekutu ditangkap oleh pasukan Jepang.

Untuk mengendalikan tahanan yang sedemikian banyaknya, pasukan Jepang memerlukan bantuan tambahan dan memutuskan untuk menunjuk 3.000 pemuda Korea sebagai penjaga tahanan.

Kala itu, Semenanjung Korea dijajah Jepang pada 1910-1945, banyak pemuda Korea direkrut oleh Jepang untuk menjadi bagian dari kemiliteran mereka.

Pada Juni 1942, Yang Chil Seong berusia 23 tahun dan merupakan ayah dari seorang anak. Ia harus pergi ke Busan, salah satu kota di Korea Selatan, karena sekaligus menjadi tawanan pasukan Jepang dan menjadi saat terakhir bagi Yang Chil Seong untuk melihat keluarganya.

Tanpa mengetahui apa yang harus dilakukannya sebagai penjaga tahanan, Yang Chil Seong bersama 3.000 pemuda Korea lainnya menerima latihan militer layaknya pasukan Jepang.

Latihan tersebut dilakukan setiap hari, mereka dilatih secara fisik maupun mental yang dididik untuk setia pada kaisar dengan mandat militer.

Yang Chil Seong bersama ribuan pemuda Korea lainnya diberangkatkan dari Busan ke wilayah-wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia untuk disebarkan ke tempat-tempat tahanan milik Jepang.
Yang Chil Seong ditempatkan di penampungan tahanan yang berada di Bandung (Pusat Pendidikan Prajurit Militer Cimahi).

Baca juga : Maudy Ayunda dan Kim Bum Bakal Main Film di Garut? Mengangkat Kisah tentang Sejarah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan