Mengatasi Bibir Kering dan Pecah dengan Bahan Alami

JABAR EKSPRES – Musim kemarau membuat suhu udara menjadi lebih kering dari biasanya, hal ini sangat berpengaruh juga pada kesehatan kulit, salah satunya bibir. Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah

Masalah bibir kering dan pecah-pecah banyak dialami orang, baik pria dan wanita yang tidak menjaga kelembaban bibirnya.

Jika sampai mengalami hal ini, maka akan terasa sangat tidak nyaman, karena bibir yang pecah dan terkelupas bisa menimbulkan rasa perih bahkan bisa sampai berdarah.

Masalah bibir seperti ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, selain karena faktor cuaca, penggunaan kosmetik khususnya produk untuk bibir seperti lipstik, lip tin, lip blam dan sebagainya juga  mungkin bisa terjadi karena tidak cocok atau mengandung zat berbahaya untuk bibir.

Baca juga : Cara Mengatasi Bibir Menghitam Akibat Merokok

Ada juga faktor dari dalam, misalnya kurang vitamin C, kurang cairan atau karena alergi. Karenanya kita perlu tahu juga apa penyebab spesifik dari masalah bibir kering dan pecah-pecah yang diderita ini.

Setelah mengetahui masalah atau penyebabnya kita tinggal mencari tahu bagaimana cara mengatasinya. Salah satunya dengan menggunakan berbagai bahan alami.

Berikut beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan bahan alami:

1. Madu

Oleskan sedikit madu alami pada bibir Anda. Madu memiliki sifat pelembap alami dan membantu menjaga kelembapan bibir.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai pelembap alami. Oleskan sedikit minyak kelapa pada bibir Anda sebelum tidur atau saat merasa bibir kering.

3. Mentega Kakao atau Shea Butter

Mentega kakao atau shea butter mengandung lemak alami yang membantu menjaga kelembapan bibir. Oleskan tipis-tipis mentega kakao atau shea butter pada bibir Anda.

4. Minyak Almond atau Minyak Zaitun.

Minyak alami ini juga bisa membantu melembapkan bibir kering. Oleskan beberapa tetes minyak almond atau minyak zaitun pada bibir dan pijat perlahan.

5. Cuka Apel

Campurkan sedikit cuka apel dengan air dan gunakan kapas untuk mengoleskannya pada bibir. Biarkan beberapa menit sebelum dibilas. Cuka apel membantu mengangkat sel kulit mati.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan