Besok Mulai Puasa Ayyamul Bidh, Ini Jadwal Lengkap dan Bacaan Niatnya

JABAR EKSPRES – Puasa ayyamul Bidh atau puasa tengah bulan merupakan salah satu puasa sunnah yang sering dilakukan oleh Rosulullah. Sebagai teladan baik, maka banyak yang merutinkan puasa yang satu ini.

Adapun jadwal untuk menjalankan puasa Ayyamul bidh di bulan Safar 1445 ini akan dijelaskan dalam tulisan ini lengkap dengan bacaan niat dan keutamaannya.

Disebut dengan puasa ayyamul Bidh karena puasa ini dilakukan pada pertengahan bulan hijriyah, tepatnya pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya.

Hal ini tedapat dalam salah satu Hadits berikut ini :

“Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud).

Baca juga :Keistimewaan Puasa Senin Kamis di Bulan Muharam

Sementara pada bulan Safar ini, puasa ayyamul bidh jatuh pada akhir bulan Agustus dan awal bulan September. Selain itu juga bertepatan dengan puasa sunah kamis, sehingga jika beruntung akan mendapatkan dua pahala puasa sunah dalam satu kali melakukannya.

Dan bagi yang memiliki hutang puasa Ramadhan, bisa mengqadha di saat melakukan puasa Ayyamul Bidh, sehingga niatnya untuk mengqadha puasa Ramadhan namun pahala yang didapat bisa ganda yakni dari puasa Ayyamul bidh juga puasa Ramadhan.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Keutamaan menjalankan puasa Ayyamul bidh setiap bulannya ternyata sangat besar, karena pahalanya disamakan dengan puasa sepanjang tahun. Hal ini didasarkan pada hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. Wallahu’alam.

Baca juga : Puasa Sunah Jadi Metode Andalan untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Bagaimana Hukumnya ?

Jadwal Puasa Ayyamul Midh Bulan Safar 1445 H

Berikut Jadwal puasa ayyamul bidh bulan Safar 1445 Hijriyah, berdasarkan kalender yang diterbitkan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. :

13 Safar 1445 H/Rabu, 30 Agustus 2023
14 Safar 1445 H/Kamis, 31 Agustus 2023
15 Safar 1445 H/Jumat, 1 September 2023

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Sebagai ibadah, maka harus diawali dengan niat, adapun lafal niat puasa Ayyamul Bidh adlaah sebagai berikut :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan