Imbas Kebakaran TPAS Sarimukti, Kota Bandung Terancam Alami Penumpukan Sampah

JABAR EKSPRES – Kebakaran yang terjadi di TPAS Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini telah menyebabkan terganggunya kiriman sampah dari wilayah Bandung Raya khususnya Kota Bandung.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung menyebutkan, pasca dua haru terjadi kebakaran saat ini TPAS Sarimukti telah dilakukan penutupan sementara hingga waktu yang belum ditentukan.

BACA JUGA: Imbas Kebakaran TPA Sarimukti, Sejumlah Truk Pengangkut Sampah di Kabupaten Bandung Alami Penumpukan

“Jadi pasca kebakaran, TPAS Sarimukti sekarang sudah ditutup sementara per hari kemarin tanggal 22 Agustus 2023 dari jam 18.00 WIB. Dan 188 truk armada kita yamg kemarin mengantri, itu kami instruksikan untuk kembali lagi dengan membawa sampah yang memang belum terbuang,” ucapnya Kepala DLH Jabar Dudy Prayudi saat dikonfirmasi oleh JabarEkspres.com pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Dudy menambahkan, penutupan Tersebut ini dinilai sangat berdampak bagi Kota Bandung. Pasalnya dari jumlah sampah yang dihasilkan sebanyak 1500 – 1600 ton per hari, 1200 – 1300 nya kata dia di buang ke TPAS Sarimukti.

BACA JUGA: Padamkan Api TPA Sarimukti, Diskar PB Kota Bandung Kirimkan Bantuan

“Tentu saja ini sangat berdampak ke pengangkutan (sampah) di Kota Bandung, karena memang kami hanya bisa menahan sampah hingga sekitar 2 – 3 hari. Maka dari itu, kami sekarang sedang mencari solusi lain,” ungkapnya.

Maka dari itu Dudy mengatakan, bahwa pihaknya akan menginstruksikan kepada masyarakat untuk menahan sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Hal itu dilakukan, ia menuturkan agar tidal terjadi penumpukan sampah di TPS selama TPAS Sarimukti dilakukan penutupan sementara.

“Kita menginstruksikan kepada warga masyarakat untuk menahan sampahnya di rumah dan tidak membuang ke TPS. karena kita akan menutupnya hingga batas waktu yang tidak ditentukan sampai nanti sarimukti nya kembali beroprasi. Sehingga kami berharap masyarakat bijak didalam pengolahan sampah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat (DLH Jabar) menyebut gundukan sampah yang terbakar di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), diduga akibat dari puntung rokok salah seorang pemulung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan