Keren! Gubernur Ridwan Kamil Ungkap Konsep Kawasan Rebana, Perekonomian dan Investor di Jabar Bisa Melesat?

JABAR EKSPRES – Ridwan Kamil mengungkapkan konsep kawasan Rebana. Hal itu ia sampaikan menjelang purnajabatan sebagai Gubernur Jawab Barat (Jabar). Seperti diketahui bahwa tak lama lagi masa jabatan Ridwan Kamil habis.

Terkait konsep kawasan Rebana, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sempat membeberkannya dalam acara Kickoff West Java Festival 2023 yang diselenggarakan pada Sabtu, 19 Agustus 2023 di aula Masjid Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah awak media.

BACA JUGA: Jelang Purnajabatan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Beberkan Target Kawasan Rebana

Seperti diketahui bahwa pembangunan kawasan Rebana merupakan salah satu program pemerintahan Ridwan Kamil selama menjabat sebagai Gubernur Jabar. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menjelaskan bahwa ada banyak manfaat yang nantinya bisa dirasakan oleh masyarakat Jabar.

Selain masyarakat Jabar, Gubernur Ridwan Kamil juga berharap bahwa dampak positif adanya kawasan Rebana dapat berimbas kepada perekonomian Tanah Air. Pasalnya, ia mengatakan bahwa kawasan Rebana diharapkan dapat menekan angka pengangguran dan menyerap investor agar perekonomian dapat terus bertumbuh.

BACA JUGA: Rebana Metropolitan, Kawasan Industri Ramah Tinggal

Sebelumnya, ia optimis bahwa pusat Jabar akan bergeser ke wilayah utara, terlebih jika kawasan Rebana sudah efektif serratus persen.

“Pada 2030 saya optimis pusat Jabar bakal bergeser ke wilayah utara,” katanya dalam Kickoff West Java Festival 2023.

Sebagai informasi bahwa kawasan Rebana Metropolitan meliputi tujuh daerah, di antaranya yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, Kuningan, dan Kota Cirebon. Bahkan dibeberapa daerah tersebut sudah mulai dilaksanakan sejumlah agenda Pembangunan Rebana Metropolitan dalam masa jabatan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Ketujuh wilayah itu sengaja didesain cukup apik dengan konsep memadukan kawasan industri yang jarakmya dekat dengan pemukiman. Hal ini juga diharapkan dapat memangkas biaya atau ongkos transportasi masyarakat menuju ke tempat kerja.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Jabar itu memaparkan bahwa Rebana Metropolitan merupakan koreksi dari sejumlah kawasan industri yang telah tumbuh di Jabar. Seperti di Karawang Bekasi yang cenderung hanya berkumpulnya pabrik-pabrik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan