Komisi IV DPRD Jabar Desak Segera Ada Solusi Kebakaran TPA Sarimukti

JABAR EKSPRES – Kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat turut mendapat respon dari kalangan Komisi IV DPRD Jawa Barat. Salah satunya Wakil Ketua Komisi Cucu Sugyati.

Politikus Golongan Karya itu turut mendesak agar segera ada solusi terkait kebakaran tersebut. “Sarimukti harus ditangani segera,” katanya kepada JabarEkspres.com saat ditemui di Kantor Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Jabar, Rabu, 23 Agustus 2023.

BACA JUGA: Pasca Kebakaran TPA Sarimukti, Pemda Bandung Barat akan Tetapkan Status Darurat Bencana

Cucu melanjutkan, untuk penanganan jangka panjang memang membutuhkan kajian lebih lanjut. Namun, solusi – solusi teknis harus segera diluncurkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Karena terbakarnya kawasan TPA itu juga bisa berdampak panjang. Operasional pembuangan sampah di lokasi itu terganggu, ekornya tentu bakal sampai ke pembuangan sampah di kota – kota di Jabar. “Harus segera diselesaikan, atau opsi solusi lain. Pastinya akan ada penumpukan dalam waktu dekat. Mudah – mudahan segera ada solusi,” tegasnya.

BACA JUGA: Dugaan Sementara TPAS Sarimukti Terbakar, Karena Puntung Rokok?

Kebakaran gunungan sampah itu terjadi sejak Sabtu, 19 Agustus 2023 malam. Hingga saat ini pemadaman juga masih berlangsung.

Titik api bermula di zona IV. Malam itu sebenarnya petugas Pemadam Kebakaran juga langsung berjibaku untuk menjinakkan api hingga 01.00 dini hari.

Ternyata titik api tak sepenuhnya padam. Api kembali berkobar pada Minggu, 20 Agustus 2023 pagi.

Petugas sebenarnya juga turut mengoperasionalkan alat berat untuk membantu pemadaman. Apesnya, alat berat itu justru ikut terbakar. (son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan