Turunkan Angka Bayi Stunting, Sejumlah Kader Posyandu di Kabupaten Sumedang Ikuti Pelatihan Emo-Demo

JABAR EKSPRES – Puluhan kader Posyandu yang terdiri dari 10 Desa di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mengikuti pelatihan Emo-Demo pada Selasa, 22 Agustus 2023. Tujuan kagiatan tersebut yakni untuk menurunkan angka bayi stunting di Sumedang.

Senior projek officer program BISA kabupaten Sumedang, Fajar Yulianta menjelaskan bahwa telah tercatat 10 Desa yang terdiri dari Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan, Desa margaluyu kecamatan Tanjungsari, Desa Suka Sirnarasa dan Desa Cibungur Kecamatan Rancakalong.

“Kemudian ada dari Kecamatan Sumedang Selatan Desa Sukajaya dan Kelurahan Pasangarahan Baru, kecamatan Sumedang Utara itu ada Desa Girimukti dan Desa Padasuka dan satu lagi Desa Sirnamulya, dan terakhir itu dari Kecamatan Paseh yaitu Desa Cijambe,” terangnya kepada JabarEkspres.com pada Selasa, 22 April 2023.

BACA JUGA: Hindari Kebakaran di Sumedang, Santri Lompat dan Alami Retak pada Bagian ini!

Dalam pelatihan Emotional-Demonstration atau Emo-Demo tersebut, terdapat beberapa materi yang diberikan langsung dengan simulasi atau mikro teaching.

Fajar menuturkan bahwa beberapa materi yang diberikan saat ini diantaranya adalah Mom Magic Hand dan Clean house Aprouch.

“Di mana kedua materi ini dilakukan dengan dengan alat praga yang disediakan oleh Save The Children melalui program BISA,” ujarnya.

BACA JUGA: Polisi Amankan Ratusan Peluru dari Pabrik Senpi Ilegal di Sumedang

Sementara itu, Fajar menerangkan juga bahwa kegiatan tersebut sudah dimulainya sejak tahun sekitar 2020 lalu, mulai dari tingkat kabupaten bekerjasama dengan DPMD, Dinkes dan intansi terkait lainya.

“Untuk yang saat ini, itu dilaksanakan berdasarkan inisiasi dari pihak desa, melihat 3 desa percontohan sebelumnya itu dinilai bagus. Maka, dilaksanakan lah kegiatan ini sebagai kerjasama dengan anggaran dari desa, dan kami menyumbang alat praga serta fadilitator yang melatih,” katanya.

Di Sumedang, semula berjalan dengan dua Desa, yakni Desa Cibungur Kecamatan Rancakalong dan Desa Cijame Kecamatan Paseh, namun pihak Kabupaten (Pemda) meminta agar dilakukan perluasan ke para kader di lima desa yang berada di wilayah Kecamatan Sumedang Utara dan Selatan.

Pasalnya, beberapa desa yang diminta oleh pemerintah daerah itu merupakan desa yang terdapat lokus stunting (Desa yang ada masalah stuntingnya). Sehingga program ini diharapkan dapat menekan angka stunting di wilayah desa tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan