Muslim Wajib Tahu, Adab Sebelum Tidur agar Semalaman Terlindungi

JABAR EKSPRES – Islam mengajarkan banyak hal bermanfaat untuk umatnya, semua hal bisa menjadi ibadah bila dilakukan sesuai dengan tuntunan. Salah satunya tidur, tidur ternyata juga bisa menjadi ibadah bila kita melakukannya sesuai tuntunan, berikut adab sebelum tidur yang wajib muslim ketahui.

Bagaimana caranya tidur bisa mendapat pahala, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja adabnya sebelum tidur. Meski hal ini sudah biasa kita lakukan, mungkin kita tidak tahu ternyata hal tersebut merupakan amalan yang ringan tapi berpahala.

Sebelum tidur hendaknya kita memastikan bahwa sudah megunci pintu, memadamkan api (Lampu), dan menutup bejana. Hal ini selain untuk alasan keamanan, juga terdapat dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu‘anhu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana makanan dan minuman.”(HR Bukhori-Muslim).

Baca juga : Pentingnya Membaca Dua Ayat Terakhir Al Baqarah Sebelum Tidur

Setelah memastikan semua aman, kita perlu mulai melakukan adab sebelum tidur, seperti yang dilansir dari laman Alquran-sunnah berikut ini :

1.Berwudhu

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Al Baro’ bin ‘Azib menjelaskan tentang anjuran berwudhu ini,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Membersihkan Tempat Tidur

Dianjurkan pula untuk mengibaskan kain pada tempat tidur sebanyak tiga kali sebelum berbaring, hal ini terdapat dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu’anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…”. Di dalam riwayat yang lain dijelaskan bahwa jumlah kibasan yang dianjurkan adalah sebanyak tiga kali (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga : Mau Setiap Tarikan Nafasmu Jadi Pahala? Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan