Manfaat Bangun Tidur Sebelum Shubuh, Ternyata Bisa Bikin Langsing

JABAR EKSRPES – Dalam agama Islam, bangun tidur sebelum masuk waktu Subuh untuk melaksanakan ibadah sholat tahajjud adalah amalan yang sangat dianjurkan. Saat itu merupakan waktu terbaik untuk manusia karena Allah turun ke bumi untuk melihat hambanya.

Sesuatu yang dianjurkan sesuai tuntunan Sunnatullah, tentulah akan memberi manfaat bagi hamba yang melakukannya, termasuk bagun tidur sebelum subuh. Bukan hanya manfaat secara spiritual yakni mendatangkan pahala dan dikabulkan permintaannya, namun juga ada manfaat dalam hal lainnya.

Selain dari sudut pandang agama, beberapa penelitian modern juga telah mengungkapkan manfaat lain yang didapat dari bangun tidur sebelum subuh yakni dari segi kesehatan dan psikologis.

Berikut manfaat Bangun tidur sebelum subuh yang telah dikaji oleh para peneliti:

1. Kesehatan Fisik:

a. Peningkatan Kualitas Tidur

Bangun tidur sebelum shubuh membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Para peneliti menyatakan bahwa tidur sebelum tengah malam memiliki manfaat lebih baik daripada tidur larut malam atau dini hari.

b. Meningkatkan Ritme Biologis

Kebiasaan bangun tidur sebelum fajar dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, sehingga membawa manfaat pada sistem hormonal dan metabolisme.

Baca juga : Keutamaan Qobla Subuh, Kunci Mendapatkan Berkah Pagi

c. Penurunan Risiko Obesitas

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur lebih awal dapat membantu mengurangi kecenderungan makan berlebihan pada malam hari, yang dapat berkontribusi pada penurunan risiko obesitas. Sehingga berat badan bisa terjaga dan badan akan menjadi langsing.

2. Kesehatan Mental dan Emosional:

a. Reduksi Stres

Bangun tidur sebelum shubuh dapat memberikan waktu bagi seseorang untuk merenung, berdoa, atau melakukan meditasi, yang secara efektif membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Baca juga : Keutamaan Sholat Subuh: Keberkahan dan Kedekatan dengan Allah

b. Peningkatan Kesehatan Mental

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tidur lebih awal dan menghindari tidur larut malam berhubungan dengan peningkatan kesehatan mental, termasuk peningkatan mood dan kualitas hidup.

c. Lebih Produktif

Kebiasaan tidur lebih awal memberikan kesempatan untuk bangun lebih awal dan memulai hari dengan energi dan semangat, yang dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja sepanjang hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan