Waspada, Ini Tanda-tanda Jantung Bermasalah yang Diduga Menjadi Penyebab Ibu Meninggal Usai Balap Karung

JABAR EKSPRES – Seorang Ibu berusia 39 tahun meninggal secara tragis usai mengikuti lomba balap karung di Lapangan PTSM Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kerinci pada Kamis (17/8) lalu. Diduga sang ibu berinisial DW tersebut mengalami kelelahan dan punya riwayat jantung bermasalah yang tidak disadarinya.

Jantung yang bermasalah memang kadang tidak disadari oleh penderitanya, karena penderita merasa selama ini sehat dan tidak pernah melakukan pemeriksaan. Sehingga meskipun mengalami tanda-tanda jantung bermasalah tetap tidak disadarinya.

Hal ini sesungguhnya banyak sekali terjadi dan seperti bom waktu, karena dampaknya akan terjadi secara tiba-tiba tanpa ada peringatan sebelumnya.

Baca juga : Buah-Buahan yang Baik untuk Penderita Jantung! Simak yuk

Dari banyaknya peristiwa kematian yang terjadi karena jantung, biasanya pemicunya setelah olah raga berat yang membuat irama pacu jantung tidak beraturan. Dan ini banyak terjadi pada orang yang jarang melakukan olah raga, dan sekalinya olah raga membuat jantung harus bekerja keras memompa udara diluar kendalinya.

Untuk mengetahui apakah jantung mengalami masalah, kita bisa melakukan cek kesehatan langsung ke rumah sakit atau dokter spesialis. Namun seseungguhnya juga ada tanda-tanda umum yang bisa terjadi pada tubuh jika mengalami masalah dengan jantungnya.

Namun untuk tanda-tanda khususnya tergantung dari tingkat keparahan penyakit jantung yang dideritanya.

Berikut tanda-tanda umum penyakit jantung yang bisa dideteksi diri sendiri, dilansir dari lama Hellosehat :

1. Nyeri Dada atau Ketidaknyamanan

Nyeri, tekanan, atau rasa tidak nyaman di dada (angina) adalah gejala yang umum pada penyakit jantung. Nyeri ini dapat menjalar ke lengan kiri, rahang, leher, atau punggung.

Baca juga : 6 Rebusan Daun Untuk Darah Tinggi! Hindari Resiko Serangan Jantung

2. Sesak Napas

Kesulitan bernapas atau sesak napas bahkan saat istirahat atau saat melakukan aktivitas ringan dapat menjadi tanda adanya masalah jantung, terutama pada kondisi seperti gagal jantung.

3. Kelelahan yang Berlebihan

Kelelahan yang tidak wajar atau terus-menerus bisa menjadi tanda bahwa jantung Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik.

4. Palpitasi

Merasa denyut jantung yang tidak normal atau terasa berdebar-debar dapat menjadi tanda aritmia atau gangguan irama jantung.

Tinggalkan Balasan