Peringati HUT ke-78 RI, Warga Kabupaten Bandung Barat Meriahkan Karnaval

JABAR EKSPRES – Ribuan masyarakat mengikuti kegiatan karnaval dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) di lingkungan Pemkab Bandung Barat, Kamis, 17 Agustus 2023.

Berdasarkan pantauan JabarEkspres.com, terlihat antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk menyaksikan pesta rakyat yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI tersebut. Sebab, para peserta karnaval menampilkan berbagai macam penampilan, mulai dari barongsai, patung mini Soekarno, dan sebagainya.

Selain itu, kendaraan roda dua maupun empat dihias dengan berbagai konsep unik mulai kendaraan tempur, hewan maupun konsep budaya dan lain-lain.

Dalam kegiatan memperingati HUT ke-78 RI tersebut setidaknya melibatkan 2000 peserta karnaval dengan menggunakan setidaknya 150 lebih kendaraan.

Salah seorang warga, Wulan (28) mengatakan, iring-iringan karnaval tahun ini dirasakan berbeda dengan dua tahun sebelumnya lantaran pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah sekarang merayakan HUT RI dengan ada karnaval seperti ini lagi. Karena dua tahun lalu kan tidak bisa karena PPKM,” katanya saat ditemui.

Ia menambahkan, karnaval tersebut menjadi momentum untuk membawa keluarga menyaksikan kreativitas warga usai melaksanakan upacara pengibaran bendera.

“Seneng lihatnya, semua terlihat unik baik kendaraan maupun para peserta karnaval,” lanjutnya.

Di, HUT ke-78 RI ini, harap dia, Indonesia dapat segera bangkit pasca pandemi Covid-19 yang melanda selama dua tahun terakhir.

“Harapannya, Indonesia semakin maju dan rakyatnya sejahtera,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan bahwa HUT ke-78 RI tahun ini sebagai momentum untuk terus mempererat persatuan dan kesatuan.

“Mari kita sambut pesta demokrasi dengan riang gembira tanpa harus menyebar hoax dan kebencian. Boleh kita berbeda warna dan pilihan, tapi kita harus terus bersatu sebagaimana semboyan Bhineka Tunggal Ika yang kita miliki yang berarti walaupun berbeda tapi tetap satu jua,” katanya.

Selain itu, Hengky mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menggelorakan semangat gotong royong untuk membangun Kabupaten Bandung Barat.

“Bandung Barat adalah rumah kita bersama. Mari kita jaga dan rawat bersama dalam menyongsong masa depan yang lebih baik,” ucapnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan