Jelang Pesta Demokrasi, Pemkab Sumedang Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024

JABAR EKSPRES – Sejumlah peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024, penyelenggara, unsur keamanan, dan pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumedang telah mendeklarasikan dan menandatanganinya, Rabu 16 Agustus 2023.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Sumedang, Asep Tatang menyampaikan bahwa deklarasi tersebut diselenggarakan dengan maksud untuk mengantarkan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 dengan damai.

“Dengan suksesnya pemilu dan pilkada serentak 2024 ini, kita semua yang hadir di sini akan menjadi tombak sejarah keberhasilan menuju keabadian NKRI,” kata Asep dalam sambutanya Rabu, 16 Agustus 2023.

Sejarah akan mencatat, lanjut Asep, khususnya warga Sumedang adalah bangsa yang berdemokrasi maksimal.

“Sehingga nantinya Indonesia bisa menjadi negara dengan perekonomian terkuat ke empat bisa terwujud,” ujarnya.

Bupati Sumedang, Doni mengatakan bahwa deklarasi ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Sumedang bersama para peserta pemilu lembaga pengawas Pemilu dan tokoh masyarakat pada umumnya.

“Ini merupakan sebuah ikhtiar untuk membangun komitment bersama, antara pemerintah daerah, Forkopimda, penyelenggara Pemilu dan peserta Pemilu, guna mewujudkan Pemilu 2024 yang damai,” ujar Doni kepada JabarEkspres.com usai acara, Rabu, 16 Agustus 2023.

Sementara itu, Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan menyampaikan bahwa tentunya dari pihak kepolisian sangat mendukung.

“Dengan telah dilakukanya deklarasi pemilu damai ini, harapan pemilu bisa terwujud, aman, nyaman dan damai serta kondusif,” katanya saat diberikan pertanyaan oleh wartawan.

Indra menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah menyiapkan rencana terkait pengamanan pemilu guna menjaga kondusifitas selama penyelenggaraan pemilu berlangsung.

“Kami juga telah menyiapkan pengamanan yang nantinya akan disesuaikan, dengan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.” tegasnya.

Acara pun dilaksnaakan dengan tertib dan khidmat, terlebih pada sesi penandatanganan deklarasi 18 Ketua Parpol, Forkopimcam, Panwascam, Kepolisian, Kodim, Kesbangpol, dan Bupati Sumedang. (Mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan