Google Tampilkan Doodle Spesial untuk Meriahkan HUT RI ke-78!

JABAR EKSPRES – Google Search menampilkan sebuah tampilan spesial Doodle untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Doodle Google tahun ini menggambarkan berbagai perlombaan yang sering diadakan dalam perayaan 17 Agustus. Setiap perlombaan mewakili satu huruf dalam kata “Google“.

Pada huruf pertama “G”, terlihat sebuah ilustrasi seorang pemain bola, sementara dua huruf “O” berbentuk raket bulu tangkis. Ilustrator Diela Maharani, yang menciptakan Doodle Google tahun ini, menyoroti isu disabilitas dengan menggunakan kursi roda sebagai huruf kedua “G” dalam kata “Google”.

Baca juga: Sepatu Kiri Lepas, Tak Halangi Paskibraka Pembawa Baki Bendera Kibarkan Sang Merah Putih!

Sementara pada huruf “L” dan “E” dalam Doodle Google, ilustrator membuat gambaran perlombaan balap karung dan seorang anak yang sedang berlatih pencak silat dengan seorang guru.

Ketika Doodle Google untuk tanggal 17 Agustus diklik, pengguna akan diarahkan ke halaman pencarian yang berisi informasi mengenai Hari Kemerdekaan Indonesia. Kemeriahan perayaan terasa melalui hiasan konfeti yang diberikan oleh Google pada halaman hasil pencarian.

Diela Maharani mengungkapkan kebanggaannya atas peran sebagai ilustrator Doodle untuk merayakan 17 Agustus. Doodle ini diciptakan olehnya dengan harapan agar masyarakat Indonesia terus menghidupkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

“Melalui perbedaan-perbedaan yang ada, kita dapat saling belajar dan bertukar ide. Kita mampu membangun bangsa yang lebih kuat dan indah,” pungkas Diela seperti dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Feliciana Wienathan, selaku Manajer Komunikasi Google Indonesia, menyatakan bahwa data dari Google Trends menunjukkan minat yang tinggi dari masyarakat Indonesia untuk mempelajari cara merayakan Hari Kemerdekaan.

“Istilah pencarian ini juga mencerminkan kebanggaan banyak orang Indonesia terhadap negara mereka dan keinginan mereka untuk merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara yang bermakna,” tukas Feliciana.

Pada bulan Agustus 2022, Google Indonesia mencatat bahwa kata kunci “lomba kemerdekaan” mengalami peningkatan sekitar 150 persen. Platform tersebut juga mencatat kata kunci makanan populer selama Hari Kemerdekaan termasuk tumpeng, nasi kuning, kue, bakso, dan sate.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan