Cara Mengatasi Masalah Akun Google yang Diretas, Dihapus, hingga Lupa Password

JABAR EKSPRES – Kadang-kadang, akses ke akun Google bisa terhambat oleh situasi seperti akun yang di retas, di hapus, atau lupa password. Akibatnya, kemungkinan tidak dapat masuk ke layanan seperti Gmail, Google Photos, Google Drive, dan sejenisnya. Oleh karena itu, begini cara mengatasi akun google yang bermasalah.

Terdapat berbagai metode untuk memulihkan akses ke akun Google, serta beberapa saran yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Lihat juga : Google Bakal Hapus Akun Gmail Tidak Aktif, Simak Tips Biar Akun Tetap Aman

Pemulihan Akun Google yang Diretas

Ketika akun Google Anda mengalami kemungkinan peretasan, tanda-tanda perubahan mungkin muncul, seperti perubahan sandi atau informasi nomor telepon dan email pemulihan.

Berikut adalah cara dan langkah mengatasi masalah akun Google di retas yang dapat di ikuti, sesuai dengan panduan dari Sumber Bantuan Google :

1. Lakukan upaya masuk ke akun Google Anda.

2. Jika tidak berhasil, buka tautan https://accounts.google.com/signin/recovery dan jawab semua pertanyaan yang di ajukan dengan akurat, untuk mengkonfirmasi kepemilikan atas akun tersebut.

3. Beberapa pertanyaan akan berkaitan dengan kata sandi sebelumnya, informasi keamanan yang Anda gunakan saat membuat akun, alamat email pemulihan, serta nomor telepon pemulihan.

4. Setelah berhasil masuk ke akun Google, navigasilah ke https://myaccount.google.com/ dan pilih opsi ‘Keamanan’.

5. Teliti aktivitas baru-baru ini di akun Anda. Laporkan aktivitas yang tidak dikenali.

6. Tinjau daftar perangkat yang terhubung ke akun Anda. Laporkan perangkat yang bukan milik Anda.

7. Terakhir, lakukan langkah-langkah keamanan tambahan, termasuk mengaktifkan ‘Verifikasi 2 Langkah’, memeriksa transaksi keuangan, menghapus perangkat lunak berbahaya, membuat kata sandi baru yang kuat, dan lain sebagainya.

Lihat juga : Cara Log Out Akun Google dari Perangkat Orang Lain, Cukup Pakai HP!

Pemulihan Akun Google yang Dihapus

Jika akun Google Anda telah di hapus dengan sengaja atau mungkin menjadi korban peretasan, Anda masih bisa memulihkannya jika masa penonaktifannya belum mencapai 20 hari.

Berikut adalah langkah-langkah pemulihan akun Google yang di hapus :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan