Penampakan Hawaii Pasca Kebaran, Seperti Zona Perang!

JABAR EKSPRES- Gubernur Hawaii, Josh Green, pada hari Minggu (13/8), menggambarkan bagian dari pulau Maui yang telah hancur akibat kebakaran hutan dan lahan sebagai “zona perang”, sementara jumlah korban tewas mencapai 93 jiwa dan diperkirakan masih akan terus bertambah.

Pada hari Selasa (8/8), kobaran api dengan kecepatan tinggi melanda pantai barat laut Maui, menghancurkan kota resor bersejarah Lahaina dan menghancurkan hampir semua yang ada di jalurnya.

Beberapa hari setelah kebakaran hebat tersebut, tim pemadam kebakaran masih berusaha untuk mengatasi sisa-sisa api, dan anjing pelacak tengah mencari di antara puing-puing bangunan di kota yang telah habis dilalap api, mencari tanda-tanda korban. Sementara itu, para penyintas dan pejabat masih bergulat dengan dampak bencana yang sangat luas ini.

“Saat ini, kami masih berada dalam tahap pemulihan akut, yang berarti kami masih harus memulihkan kerugian tragis nyawa yang terjadi,” ujar Green dalam wawancara dengan MSNBC pada hari Minggu (13/8). “Kini jumlah korban telah mencapai 93 jiwa… ini seperti zona perang, tapi bantuan yang datang sangat luar biasa.”

Pada hari Sabtu (12/8), Green telah memperingatkan bahwa jumlah korban tewas diperkirakan akan bertambah, dan ia kembali berjanji untuk menyelidiki tanggapan terhadap kebakaran ini serta sistem peringatan darurat. Beberapa penduduk telah mengejutkan tentang apakah lebih banyak yang dapat dilakukan untuk Hutan

memberi peringatan kepada mereka sebelum rumah-rumah mereka terbakar.

Beberapa orang bahkan terpaksa melompat ke Samudra Pasifik untuk menyelamatkan diri mereka.

Baca juga: Bencana Kebakaran Terburuk dalam Sejarah Hawaii, Lebih dari 61 Korban Tewas di Maui

Sirene yang seharusnya memperingatkan akan bencana alam yang akan datang di sekitar pulau itu tidak pernah berbunyi, dan pemadaman listrik serta kerusakan jaringan seluler di banyak tempat telah menghalangi upaya peringatan lain.

“Kita akan segera tahu apakah mereka sudah berupaya cukup untuk mengaktifkan sirene atau tidak,” katanya dalam wawancara di acara berita televisi.

Presiden Joe Biden pada hari Minggu juga menyatakan bahwa mereka merencanakan kunjungan ke Maui dalam beberapa hari mendatang ketika ditanya oleh wartawan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan