Libur 17 Agustusan, Yuk Jelajahi Wisata Sejarah di Bandung, Biar Makin Nasionalis

JABAR EKSPRES – Tanggal 17 Agustus 2023 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke 78 RI, ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur nasional. Meski sebagaian instansi tetap melaksanakan upacara bendera, namun sebagian besar akan libur dihari tersebut. Untuk mengisi liburan yang memberikan kesan dengan semangat kemerdekaan, tidak ada salahnya kita membawa keluarga untuk menjelajahi wisata sejarah yang ada di Bandung.

Dengan menjelajahi wisata sejarah di Bandung, kamu akan menemukan berbagai tempat bersejarah yang memiliki kisah kepahlawanan yang wajib kita baggakan dan lestarikan kepada anak cucu kita.

Hal ini agar perjalanan wisata kita tidak hanya mengunjungi tempat-tempat yang indah saja, namun juga mendapatkan banyak insight, terutama untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dalam diri anak-anak.

Baca juga : Fokus Pembangunan Kebudayaan, Gedung Sate Akan Jadi Lokasi Wisata Sejarah dan Budaya

Jika Bandung selama ini hanya dikenal sebagai destinasi wisata alam dan kuliner, maka bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, saatnya kita menunjukkan seperti apa Bandung yang ternyata menyimpan banyak kisah perjuangan dan kepahlawanan dalammengusir penjajah dari bumi Parahyangan.

Berikut 5 Lokasi wisata sejarah di Bandung yang cocok untuk liburan di tanggal 17 Agustus nanti.

1. Gedung Sate

Gedung Sate yang saat ini menjadi pusat pemerintahan Povinsi Jawa Barat, ternyata menyimpan banyak kisah sejarah. Berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 22, Kecamatan Bandung Wetan, Gedung sate ternyata sudah dibangun sejak 1920.

Gedung Sate pernah menjadi saksi terjadinya pertempuran para pejuang tanah air melawan pasukan Gurkha dari Inggris. Bangunannya masih mempertahankan bentuk aslinya, hanya dilakukan perbaikan pada bagian tertentu yang rusak.

Di sekitar area Gedung Sate juga banyak museum bersejarah yang bisa dikunjungi seperti museum kantor pos atau museum geologi.

2. Gedung Merdeka

Gedung merdeka merupakan salah satu gedung bersejarah yang cukup terkenal di Bandung. Gedung merdeka merupakan saksi sejarah berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955.

Lokasinya berada di pusat kota yakni di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, sehingga memudahkan akses menuju lokasi ini.

Banyak yang memanfaatkan bangunan gedung merdeka sebagai objek foto favorit karena desain arsitekturnya yang masih mepertahankan desain khas bangunan belanda kuno yang legendaris.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan