Doa Setelah Sholat Dhuha, Paling Ampuh Melancarkan Rejeki

JABAR EKSPRES – Salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan dilakukan saat pagi hari adalah sholat dhuha. Banyak yang meyakini sholat dhuha merupakan salah satu amalan yang bisa menarik rejeki. Apalagi bila membacakan doa setelah sholat dhuha, maka bukan hanya rejeki yang dilancarkan namun segala urusan juga akan dipermudah oleh Allah.

Sholat Dhuha bisa dilakukan disaat matahari sudah terbit atau setelah syuruq, atau sekitar pukul 08.00 WIB hingga sebelum dhuhur atau sekitar pukul 11.00 WIB. Itu adalah batas menjalankan sholat dhuha termasuk waktu memanjatkan doa.

Sebagai sholat sunnah, sholat dhuha tidak mengharuskan berapa rokaat yang harus dijalani, namun bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kemauan, yakni antara 2 hingga 12 raakaat.

Salah satu keutamaan dari sholat dhuha adalah, Allah SWT akan membangunkan rumah indah terbuat dari emas kelak di surga. Ada pula yang menyebut, setiap muslim ataupun muslimat yang menunaikan sholat tersebut bakal memperoleh pahala layaknya mengerjakan ibadah umrah.

Sebuah hadis yang diriwayatkan Hakim dan Thabrani menyebutkan, Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (sholat dhuha) niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya.”

Niat Sholat Dhuha

Sebagai bagian dari ibadah, mengerjakan sholat dhuha juga dianjurkan membaca niat sebelum mengawalinya, berikut lafal niatnya :

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:

“Aku niat sholat sunah dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala.”

Baca juga :  Bukan Hanya di Sujud Terakhir, Doa Setiap Sujud Juga Punya Keutamaan ini

Tata Cara Sholat Dhuha

Berikut tata cara sholat dhuha:

– Membaca Doa Iftitah

– Membaca Surat Al Fatihah

– Membaca satu surat di dalam Al Quran. Afdolnya rakaat pertama membaca surat Asy-Syam dan rakaat kedua surat Al Lail.

– Ruku dan membaca tasbih tiga kali.

– Iktidal dan membaca bacaannya.

– Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali.

– Duduk di antara dua sujud dan membaca bacaannya.

– Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali.

Setelah rakaat pertama selesai, akaat kedua dikerjakan sebagaimana cara di atas. Selanjutnya tasyahhud akhir. Setelah selesai, maka membaca salam dua kali. Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh di atas.

Tinggalkan Balasan