Jangan Anggap Sepele! 6 Faktor Penyebab Kematian Dini, Hindari Penyakit dan Kebiasaan Ini

JABAR EKPRES – Ada beberapa faktor yang diyakini menjadi faktor kematian dini. Bahkan dari 6 faktor tersebut ada penyakit yang masih dianggap sepele oleh kebanyakan orang.

Seperti diketahui bahwa gaya hidup yang tidak sehat akan menyebabkan mudahnya muncul suatu penyakit dalam tubuh. Sehingga, imunitas tubuh akan semakin melemah dan disebut-sebut tingkat kematian dini semakin tinggi.

Lalu, apa saja 6 faktor penyebab kematian dini?

BACA JUGA: Jumlah Kematian Akibat Gelombang Panas di Italia Meningkat

Dikutip JabarEkspres.com dari Express pada Selasa, 8 Agustus 2023, inilah 10 penyebab kematian dini yang perlu diketahui.

6 Faktor Penyebab Kematian Dini

1. Tekanan Darah Tinggi

Penelitian terbaru mengemukakan bahwa tekanan darah tinggi menjadi penyebab kematian dini tertinggi di dunia. Penyakit ini menyebabkan 10.845.595 kasus kematian.

BACA JUGA: 7 Rebusan Daun untuk Lawan Tekanan Darah Tinggi

2. Merokok

Menurut penelitian, merokok dapat menjadi faktor penyebab kematian dini. Pasalnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus merokok dengan 7,7 juta kematian.

3. Polusi Udara

Udara salah satu hal yang krusial dan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia. Pasalnya, jika polusi udara terhirup dalam kurun waktu yang lama, maka akan menyebabkan penyakit. Tidak hanya itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 6,7 juta kematian akibat polusi udara.

4. Diabetes

Diabetes kerap disepelekan, pasalnya penyakit ini tidak langsung terlihat dampaknya. Sehingga, tak sedikit orang yang menyadari hal tersebut. berdasarkan data, ada 6,5 juta kematian akibat diabetes. NHS memperingatkan diabetes tipe 2 bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke, serta kerusakan saraf.

Selain itu, masalah kaki seperti luka dan infeksi. Kehilangan penglihatan dan kebutaan, keguguran dan kelahiran mati, masalah dengan ginjal dan masalah seksual. Namun, mengontrol gula darah bisa menurunkan risiko komplikasi.

5. Obesitas

Tak sedikit orang yang menghindari obesitas karena penampilan, namun yang lebih tepat bukan hanya karena soal penampilan. Obesitas menjadi salah satu masalah yang serius.

Pasalnya, kelebihan berat badan akan memicu penyakit jantung, ginjal, hati, dan sebagainya. Sementara, dilaporkan ada 5 juta kematian, akibat obesitas. Polusi udara luar ruangan 4,5 juta kematian, penggunaan alkohol 2,5 juta kematian, dan polusi udara dalam ruangan 2,3 juta kematian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan