Jalan Flyover untuk Akses Stasiun Kereta Cepat Segera Dibangun

JABAREKSPRES – Untuk memberikan akses kepada stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) merencanakan akan membangun Jalan Layang (Flyover) di kawasan Summarecon Gedebage Kota Bandung.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruangan (DBMPR) Jabar, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, akses ini sangat dibutuhkan untuk menujang keberadaan stasiun KCJB di Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Menurutya, saat ini DBPMR sudah melakukan kajian untuk membangun jenis jalan flyover apakan underpass.

Sedangkan untuk perencanaan pembangunan, proyek akan dilaksanakan pada 2024.

‘’Jadi kita mencoba mengusulkan untuk membuat desain dan juga anggarannya,” kata Abenk kepada wartawan belum lama ini.

Selain dijadikan fasilitas pendukung KCJB, flyover nantinya akan dijadikan akases jalur alternatif masyarakat menuju Masjid Raya Al – Jabbar.

Maka dari itu, Abenk—sapaan akrab Kadis DBMPR untuk sementara pihaknya akan membangun jembatan balley yang bisa menjadi akses ke stasiun Tegaluar.

Sedangkan untuk jangka panjang, jembatan Flyover nantinya akan terkoneksi dengan dengan pintu tol Gedebage yang saat ini tingga dioperasikan.

Jalan Flyover juga akan menjadi solusi untuk mengurai kemacetan dan masyarakat akan memanfaatkan jalan di komplek Summarecon yang sudah tersedia.

“Jadi kita kolaborasi dengan Summarecon untuk bisa dimanfaatkan jalan punya Summarecon,’’ kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Barat (Bappeda Jabar) Iendra Sofyan mengaku saat ini, Pemprov Jabar  tengah melakukan beberapa persiapan dalam membangun fasilitas pendukung KCJB.

Menurutnya wacana pembangunan flyover di Wilayah Summarecon Bandung sudah direncanakan sejak lama.

Jakarta – Fasilitas pendukung untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung mesti disiapkan. Sehingga, masyarakat mau menggunakan fasilitas publik tersebut.

Sebelumnnya dalam kunjungannya ke Bandung Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pembangunan fasilitas pendukung di sekitar Stasiun Tegalluar.

“Kita akan dorong pembangunan fasilitas pendukung di sekitar Stasiun Tegallua, agar masyarakat semakin nyaman saat menggunakan kereta cepat,’’ kata Erick dalam postingan di instagramnya.

Erick menginginkan, akses ke stasiun semakin mudah di jangkau oleh masyarakat dengan dibangun akses jalan menuju stasiun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan