Kementerian ATR BPN Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Berikan Informasi ke Publik

JABAREKSPRES – Untuk memberikan Informasi ke masyarakat Kementerian ATR BPN, Kanwil, Kabupaten dan Kota memberikan pelatihan jurnalistik kepada para pegawai yang bertugas pada bagian publikasi dan pemberitaan.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian ATR BPN Periode 2020-2022 mengatakan, memberikan informasi dalam bentuk berita akan mengubah perspektif masyarakat.

Meski begitu, berita yang disajikan harus disertai dengan data akurat yang mendukung program kerja ATR/BPN.

‘’Ini harus dilakukan agar mindset masyarakat terbuka mengenai dengan memberikan berbagai Informasi-informasi yang ada di ATR/BPN tiap wilayah,’’ kata Indra dalam keterangannya.

Dia menilai, setia kantor wilayah sudah seharusnya memberikan informasi kepada masyarakat dalam bentuk rilis untuk dipublikasikan. Minimal di Website Kantah masing-masing.

Dalam penyajian berita, harus menarik, menggelitik dan sedikit nakal. Tujuannya agar masyarakat tertarik untuk membacanya.

Selain itu, penggunaan basa yang simpel sederhana akan dengan mudah dapat dicerna oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan.

“Ini manfaatnya agar terbangun perspektif publik,” ujar Kepala BPN Kota Depok itu.

Indra mengaku, sebagai mantan humas di kementerian seringkali ditegur oleh pimpinan karena tidak setuju dengan isi berita yang dibuat.

Hal ini terjadi biasanya mainset pimpinan ingin bermain aman terhadap berita atau konten yang disajikan.

Akan tetapi, jika kita memberikan penjelasan kepada pimpinan mengenai isi dan tujuan agar pesan bisa tersampaikan maka  pimpinan pasti akan mengerti.

“Ini harus dijelaskan dengan jernih, tervalidasi. Saya juga begitu, saat akan memainkan konten yang sedikit ‘bergelombang’ sering disentil pimpinan. Wah itu biasa,” tutur Indra.

Menurutnya, ketika memberikan sudut pandang positif membuat rilis sedikit nakal akan mengundang ketertarikan masyarakat untuk membaca.

Disaat bersamaan Kepala Bagian Tata Usaha, Kanwil BPN Jawa Barat Epha Mariana mengaku sangat mengapresiasi dengan adanya pelatihan jurnalistik ini.

Menurutnya, pelatihan jurnalistik ini akan memberikan manfaat khususnya disetiap kantor pertanahan (Kantah) dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

kali ini bermanfaat bagi setiap kantah dalam menyajikan informasi yang dibuat.

“Terus terang saya senang sekali dengan kegiatan ini. Saya berterima kasih, seharusnya inisiatif ada di kami, yang pasti ini adalah awal yang baik,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan